Comscore Tracker

Presiden Jokowi Fokus Corona, Peresmian Tol Kayuagung-Palembang Molor 

Tol Kayuagung-Palembang sudah siap operasional

Palembang, IDN Times -Rencana peresmian ruas jalan tol Kayuagung - Palembang (Kapal) yang sejatinya dilakukan langsung oleh Presiden RI Joko "Jokowi" Widodo pada pekan kedua Maret ini, dimungkinkan molor.

"Seharusnya minggu ke dua bulan Maret, tetapi masih tentatif karena merebaknya kasus corona, pak presiden fokus penanganan," ujar Kepala Tol Kayuagung-Palembang, Gunawan kepada IDN Times, Rabu (10/3). 

1. Kepastian peresmian tol masih menunggu jadwal Presiden

Presiden Jokowi Fokus Corona, Peresmian Tol Kayuagung-Palembang Molor Tol Palembang - Kayuagung (IDN Times/Rangga Erfizal)

Gunawan mengungkapkan, meski belum diresmikan, namun ruas tol Palembang - Kayuagung ini sudah dua kali dibuka secara fungsional pada Hari Raya Idul Fitri 2019 dan Natal dan Tahun Baru (Nataru) kemarin. 

"Sebenarnya kita sudah siap operasional kalau diresmikan presiden. Insyaallah kapan saja presiden siap meresmikan, kita siap juga," ujar dia.

2. Sebelum diresmikan pintu masuk sementara masih di Jakabaring

Presiden Jokowi Fokus Corona, Peresmian Tol Kayuagung-Palembang Molor Tol Palembang - Kayuagung (IDN Times/Rangga Erfizal)

Tahap peresmian nanti, jelas Gunawan, pintu keluar sementara tol Palembang - Kayuagung akan disiapkan di kilometer 359 + 600 atau pintu Jakabaring. Sedangkan pintu keluar di lintas Sumatera sedang dikerjakan untuk dapat dilalui saat arus mudik dan balik Idul Fitri 2020 mendatang.

"Pintu lintas Sumatera nanti akan kita buka fungsional saat lebaran. Fungsional itu kira-kira, 1-2 minggu sebelum lebaran. Dari STA 0 sampai STA 42 sudah sekitar 95 persen proses pengerjaannya," jelas dia.

Baca Juga: Guard Rail Dicuri Warga, Progres Tol Palembang-Kayuagung Terkendala

3. Waskita Sriwijaya Tol sediakan tiga gate untuk keluar masuk tol

Presiden Jokowi Fokus Corona, Peresmian Tol Kayuagung-Palembang Molor Progres pembangunan jalan tol (IDN Times/Istimewa)

Waskita Sriwijaya Tol (WST) selaku pengelola pintu tol Jakabaring, sambung dia, sudah mempersiapkan tiga gate (gerbang) yang berada tepat di pintu keluar, yang dibuka untuk semua jenis kendaraan.

"Dua gate untuk semua jenis kendaraan. Satu gate kita siapkan kalau suatu waktu dua gate yang ada over kendaraan. Kita buka di dua sisi dari Palembang dan Kayuagung," tandas dia.

Topic:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya