Plt Bupati Kaffah Sebut Dirinya Butuh Sosok Wabup Muara Enim

Kaffah serahkan nama calon wakilnya ke DPRD Muara Enim

Muara Enim, IDN Times -  Plt Bupati Muara Enim, Ahmad Usmarwi Kaffah, menyebut dirinya memerlukan sosok Wakil Bupati (Wabup) untuk membangun daerah di masa jabatan yang tersisa delapan bulan..

Menurut Kaffah, Muara Enim sebagai daerah yang memiliki 600 ribu lebih penduduk membutuhkan Wabup untuk melaksanakan program pembangunan. Hadirnya Wabup diyakini pembangunan Muara Enim akan lebih cepat.

"Wilayah Muara Enim ini luas. Seyogyanya posisi Wabup itu perlu kalau mau gesit dan cepat untuk pembangunan Muara Enim," kata Kaffah, Rabu (25/1/2023) kemarin.

Baca Juga: Sah, Ahmad Usmarwi Kaffah Dilantik Sebagai Plt Bupati Muara Enim

1. Berharap segera diproses DPRD

Plt Bupati Kaffah Sebut Dirinya Butuh Sosok Wabup Muara EnimAhmad Usmarwi Kaffah, Wakil Bupati Muara Enim. (Foto: Istimewa)

Meskipun membutuhkan wakil untuk menjalankan pemerintahan, Kaffah menyerahkan keputusan itu kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Namun Kaffah telah menyerahkan nama-nama yang cocok untuk mengisi kekosongan orang nomor dua di Muara Enim tersebut kepada DPRD.

"Untuk nama-namanya itu prosesnya dari DPRD. Tapi sekali lagi untuk mekanisme hukum dan petunjuknya ada di Kemendagri," katanya.

Baca Juga: Profil Usmarwi Kaffah Wabup Muara Enim, Bergelar PhD dari Inggris

2. Gubernur sebut Kaffah tak bisa sendiri

Plt Bupati Kaffah Sebut Dirinya Butuh Sosok Wabup Muara EnimPelantikan wakil bupati sekaligus pengangkatan Plt Bupati Muara Enim Ahmad Usmarwi Kaffah oleh Gubernur Sumsel Herman Deru, di Griya Agung Palembang (Dok: istimewa)

Gubernur Sumatra Selatan (Sumsel), Herman Deru, juga mengamini dorongan Kaffah yang membutuhkan wakil di pemerintahan. Menurutnya Plt Bupati Muara Enim tidak bisa bekerja sendiri dalam membangun daerah.

“Pemerintahan ibarat sebuah orkestra yang dimainkan bersama agar menghasilkan nada yang indah. Tapi di luar itu, ada sound system. Kalau sound noise, maka lagu pun tidak enak didengar,” tegasnya.

3. Kaffah dilantik sebagai Wabup dan Plt Bupati

Plt Bupati Kaffah Sebut Dirinya Butuh Sosok Wabup Muara EnimPelantikan wakil bupati sekaligus pengangkatan Plt Bupati Muara Enim Ahmad Usmarwi Kaffah oleh Gubernur Sumsel Herman Deru, di Griya Agung Palembang (Dok: istimewa)

Herman Deru melantik Ahmad Usmarwi Kaffah sebagai Wabup Muara Enim, Rabu (25/1/2023). Setelah terpilih lewat voting di DPRD Muara Enim pada September 2022 lalu, Kaffah dilantik untuk masa jabatan 2022-2023.

Ia langsung mengisi pemerintahan Muara Enim yang kosong karena Bupati dan Wabup terpilih sebelumnya menjadi terpidana kasus korupsi. Setelah dilantik sebagai Wabup Muara Enim, Kaffah langsung dilantik sebagai Plt Bupati. Deru meminta Ahmad Usmarwi Kaffah langsung tancap gas menyelaraskan program pemerintahan.

Baca Juga: 3 Tahun Kosong, Jabatan Wabup Muara Enim Diisi Usmarwi Kaffah

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya