Comscore Tracker

Laksanakan PSU, Masyarakat PALI Antusias Mencoblos di 4 TPS

Bawaslu pastikan tak ada intimidasi sampai pemilihan

Penukal Abab Lematang Ilir, IDN Times - Pemilihan Suara Ulang di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PSU PALI), Sumatra Selatan (Sumsel), resmi dilakukan sejak pukul 08.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB, Rabu (21/4/2021). PSU dilakukan di empat Tempat Pemungutan Suara (TPS) di tiga kelurahan, yakni Air Hitam, Tempirai, dan Kelurahan Babat.

"Antusias masyarakat di PALI sangat luar biasa untuk PSU hari ini. Terhitung ada 345 DPT yang memiliki suara di TPS 008 Kelurahan Babat telah hadir sejak pagi hari. Hingga pukul 09.30 WIB sudah sekitar 150 warga yang menyalurkan suaranya. Artinya sudah 45 persen yang hadir," ungkap Koordinator Divisi Pengawasan Humas dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Sumsel, Junaidi, Rabu (21/4/2021).

1. Berharap jumlah partisipasi warga tinggi

Laksanakan PSU, Masyarakat PALI Antusias Mencoblos di 4 TPSProses pelaksanaan PSU di Kabupaten Pali, Sumsel (IDN Times/Rangga Erfizal)

Junaidi menjelaskan, 45 persen suara yang sudah tersalurkan merupakan bukti yang cukup besar. Menurutnya, angka tersebut saja sudah memenuhi target. Namun harapannya jumlah pemilih akan lebih meningkat hingga pemilihan selesai dilakukan.

"Mudah-mudahan angka partisipasi PSU tinggi, karena akan menentukan siapa yang akan menang," ungkap dia.

Baca Juga: Polres PALI Sebar 500 Personel Amankan PSU di Empat TPS

2. Bawaslu tidak temukan kecurangan sebelum PSU

Laksanakan PSU, Masyarakat PALI Antusias Mencoblos di 4 TPSProses pelaksanaan PSU di Kabupaten Pali, Sumsel (IDN Times/Rangga Erfizal)

Junaidi juga menjelaskan, antusiasme masyarakat PALI mengikuti PSU dibuktikan dengan undangan. Sejak TPS belum dibuka, masyarakat sudah hadir untuk memakai hak suara mereka.

"Selama tiga hari ini saya mengikuti perkembangan dari mulai pendirian TPS hingga pembagian formulir atau surat C6, semua berjalan sesuai aturan dan koridor hukum," jelas dia.

Junaidi meyakini kondisi keamanan akan tetap berjalan kondusif sampai penghitungan suara PSU dilakukan. Bawaslu Sumsel katanya bersyukur hal-hal yang tak diinginkan seperti money politic dan intimidasi dapat diredam.

"Sampai dengan sekarang belum ada laporan resmi soal pelanggaran. Memang ada informasi soal intimidasi, tetapi itu sebatas humor karena belum ada laporan ke Bawaslu. Kalaupun ada akan kita proses," beber dia.

3. Siapapun menang dan kalah diharapkan terima hasil

Laksanakan PSU, Masyarakat PALI Antusias Mencoblos di 4 TPSProses pelaksanaan PSU di Kabupaten Pali, Sumsel (IDN Times/Rangga Erfizal)

Seorang warga bernama Anton Reno (34) mengungkapkan, informasi PSU sudah diterimanya sejak sebulan lalu pasca putusan MK. Dirinya mengatakan, baru mendapatkan undangan C6 pada dua hari jelang pemilihan.

Dirinya berharap siapa pun yang nantinya diumumkan menang pilkada bisa legowo menerima hasil yang sudah ada. "Jangan sampai diulang lagi, kalau bisa siapa pun menang menerima," ujar dia. 

4. Kronologis PSU di PALI

Laksanakan PSU, Masyarakat PALI Antusias Mencoblos di 4 TPSIDN Times/Rehan

Adapun empat TPS yang harus melaksanakan PSU adalah TPS 6 Kelurahan Tempirai di Kecamatan Penukal Utara, TPS 8 Kelurahan Babat di Kecamatan Penukal, dan TPS 9 serta TPS 10 di kelurahan Air Hitam, Kecamatan Penukal.

Dari hasil pilkada 9 Desember 2020 lalu, pasangan petahana Heri Amalindo-Soemarjono (Hero) memperoleh 51.863 suara atau 50,3 persen. Lalu pasangan Devi Harianto dan Darmadi Suhaimi (DHDS) memperoleh 51.025 atau 40,7 persen dengan selisih 658 suara.

Namun dalam amar putusan MK, suara sah dipangkas sehingga ada selisih 500-an suara yang harus dikejar oleh lawan petahana. Kedua paslon akan memperebutkan 1.549 suara DPT di empat TPS, di mana pada Pilkada Desember 2020 hanya 1.216 DPT yang menyalurkan suara.

Dari Keempat TPS tersebut, baik petahana Hero dan lawan DHDS, memiliki basis-basis suara yang berimbang. Pasangan Hero dalam Pilkada serentak 2020 lalu unggul telak di kampung halamannya Kelurahan Air Hitam, sedangkan DHDS unggul di Kelurahan Tempirai dan Babat.

Baca Juga: Jelang PSU Pali, Petahana HERO Yakin Menang di Kampung Halaman

Topic:

  • Rangga Erfizal
  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya