Kementerian PUPR Inspeksi Aspek Keselamatan Stadion Jakabaring

Inspeksi dilakukan agar tragedi Kanjuruhan tak terulang

Palembang, IDN Times - Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel) menerima beragam masukan terkait persiapan Piala Dunia U-20 di Palembang pada Mei 2023 mendatang. Dalam kunjungan tim Kementerian PUPR dan Komisi X DPR RI, beberapa kesiapan Jakabaring dinilai sudah baik meski ada beberapa yang perlu diperhatikan.

"Ada empat aspek yang menjadi perhatian untuk Jakabaring, yakni keselamatan, keamanan, kesehatan, dan kenyamanan," ungkap Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumsel, M Taufiq, Jumat (11/11/2022).

Baca Juga: Sumsel Akan Terima Rp500 Miliar untuk Persiapan Piala Dunia U-20 

1. Berkaca dari Tragedi Kanjuruhan

Kementerian PUPR Inspeksi Aspek Keselamatan Stadion JakabaringStadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang (Dok: IG JSC)

Taufiq menjelaskan, keempat aspek diperiksa satu per satu apakah memenuhi syarat atau tidak. Menurutnya tim inspeksi, stadion Jakabaring Palembang merupakan stadion yang bagus. Namun peninjauan masih perlu dilakukan untuk mencegah peristiwa di Kanjuruhan Kabupaten Malang tidak terulang.

"Jadi belum tentu stadion bagus itu aman. Begitu juga panel listrik, over atau tidak tegangan. Ada tidak hydran yang disiapkan. Sampai ke ruang kontrak memeriksa kabel-kabel," jelas dia.

Baca Juga: Palembang Berharap Piala Dunia U20 Tetap Digelar

2. Proses evakuasi ikut ditinjau

Kementerian PUPR Inspeksi Aspek Keselamatan Stadion JakabaringStadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang (Dok: IG JSC)

Seluruh sistem pendukung stadion tak luput dari pemeriksaan, termasuk kondisi tangga dan pintu masuk stadion. Sedangkan untuk rumput stadion, tim inspeksi Kementerian PUPR telah menyatakan stadion Jakabaring layak menggelar pertandingan internasional.

"Seluruh SOP dicek termasuk bagaimana proses evakuasi dari dalam ke luar stadion," jelas dia.

3. Pengelola JSC berikan fasilitas penunjang untuk Piala Dunia U-20

Kementerian PUPR Inspeksi Aspek Keselamatan Stadion JakabaringDirektur Utama PT JSC Meina Paloh (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Direktur Utama Jakabaring Sport City (JSC), Meina Paloh mengatakan, persiapan sudah matang dan serius untuk mendukung JSC sebagai tuan rumah piala dunia. Pihaknya bahkan menyiapkan delapan tower Wisma Atlet sebagai sarana pendukung.

"Sebelumnya pihak PUPR sudah masuk ke sini untuk membangun tiga lapangan latihan baru, di antaranya, baseball, atletik, dan panahan. Kami juga telah mengoptimalkan berbagai fasilitas lain yang sudah ada di sini untuk mendukung Piala Dunia U-20," jelas dia.

Baca Juga: Gubernur Sumsel Cemas Piala Dunia U-20 di Palembang Batal

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya