Kades Ini Rela Keluar Uang Pribadi Bikin Jalan 4 Kilometer di Desanya

Sebelum jadi Kades, Adam merupakan pengusaha perkebunan

Banyuasin, IDN Times - Muhammad Adam, Kepala Desa Muara Baru, Kecamatan Mekarti Jaya, Banyuasin, Sumatra Selatan (Sumsel), mendapat apresiasi dari Pemkab Banyuasin karena sikap tulusnya memberi pelayanan kepada masyarakat di kampungnya.

Meski tergolong baru menjadi Kades, yakni dua bulan terakhir, Adam langsung membuat gebrakan. Ia membangun jalan akses kampung sepanjang empat kilometer menggunakan uang pribadi.

"Kurang lebih ada empat kilometer jalan yang dibangun untuk masyarakat Muara Baru," ungkap Adam, Selasa (12/4/2022).

1. Sumbangkan gaji untuk masyarakat desa

Kades Ini Rela Keluar Uang Pribadi Bikin Jalan 4 Kilometer di DesanyaBupati Banyuasin Askolani dan Kades Muara Baru Mekarti Jaya (Dok:Istimewa)

Adam prihatin dengan kondisi jalan yang menjadi salah satu akses penunjang masyarakat Muara Baru. Warga Ddesa tersebut menggunakan akses darat dan sungai untuk beraktivitas. Adam mengaku menyumbangkan gaji sebagai kades untuk operasional desa.

"Tidak hitung dananya berapa yang penting bisa dipakai masyarakat," ujar dia.

Baca Juga: Satlantas Polres Muba Urunan Tampal Jalan di Jalinteng

2. Askolani puji sikap Kades Muara Baru

Kades Ini Rela Keluar Uang Pribadi Bikin Jalan 4 Kilometer di DesanyaBupati Banyuasin, Askolani (IDN Times/Rangga Erfizal)

Cerita mengenai pembangunan jalan yang dilakukan Adam pertama kali viral di media sosial. Banyak netizen yang terharu dengan sikap Adam kepada masyarakatnya. Tak hanya membangunkan jalan, Adam pun memberi bantuan kepada warganya yang hendak melahirkan.

Untuk diketahui, penghasilan masyarakat sebagian besar adalah bertani dan berkebun. Adam memiliki perkebunan di sekitar lokasi, namun ia dikenal masyarakat tidak suka pamer.

"Kades ini bisa menjadi contoh. Sebagai kepala desa yang dipercaya, dia membuka jalan bagi masyarakat dengan uang pribadi dan juga gotong royong masyarakat," ungkap Bupati Banyuasin, Askolani, Selasa (12/4/2022).

3. Pemda janji berikan bantuan sesuai keperluan masyarakat

Kades Ini Rela Keluar Uang Pribadi Bikin Jalan 4 Kilometer di DesanyaBupati Banyuasin, Askolani (IDN Times/Rangga Erfizal)

Rencana Adam membangun jalan merupakan program awalnya. Dirinya ingin menghubungkan Desa Muara Baru ke Palembang lewat jalur darat. Untuk mewujudkan itu semua, Adam meminta kepada Pemda Banyuasin ikut membantu lewat alat berat dan alokasi anggaran pembangunan jembatan.

"Kami cek langsung ke lapangan, apa saja yang dibutuhkan seperti alat berat dan lainnya agar jalan bisa digunakan masyarakat," tutup dia.

Baca Juga: Bripda Kelvin Patahkan Stereotip Keturunan Tionghoa Jadi Pengusaha

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya