Gubernur Sumsel Setuju Warga Diizinkan Mudik Lebaran Tahun Ini

Sumsel akan mengizinkan jika ada lampu hijau dari pusat

Palembang, IDN Times - Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan (Pemprov Sumsel) sepakat dengan aturan pemerintah pusat yang berencana mengizinkan mudik saat lebaran tahun 2022.

Berbagai aturan mudik sudah disiapkan pemerintah pusat bagi mereka yang telah menjalani vaksinasi, khususnya dosis kedua atau booster sebagai syarat utama mudik tahun ini.

"Saya dukung rencana mudik ini, terlebih kita tidak bisa menahan masyarakat yang ingin pulang kampung," ungkap Deru, Rabu (23/3/2022).

1. Tunggu aturan pasti pemerintah pusat

Gubernur Sumsel Setuju Warga Diizinkan Mudik Lebaran Tahun IniIlustrasi Moda Transportasi. (IDN Times/Mardya Shakti)

Deru menilai sudah banyak masyarakat yang rindu kampung halamannya. Masyarakat sudah rindu untuk bersilaturahmi dengan keluarganya. Pemerintah daerah pun akan mengizinkan jika ada lampu hijau dari pusat.

"Tergantung keputusan pusat atau kebijakan nasional. Jadi kalau memang demikian (boleh mudik) kita mendukung," ungkap dia.

Baca Juga: Jumlah Lansia Penerima Vaksin di Palembang Stagnan di 61 Persen

2. Mudik boleh asal prokes dijalankan

Gubernur Sumsel Setuju Warga Diizinkan Mudik Lebaran Tahun IniKadinkes Sumsel, Lesty Nurainy (IDN Times/Rangga Erfizal)

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumsel, Lesty Nurainy menjelaskan, mudik di tahun ini bisa terlaksana lantaran capaian vaksinasi di Sumsel sudah cukup tinggi. Pihaknya akan menunggu keputusan pusat terbaru mengenai aturan mudik.

"Kita mendukung kebijakan pemerintah dan tetap terapkan protokol kesehatan (Prokes) seperti memakai masker," kata Lesty.

Baca Juga: Gawat! 16 Ribu Vaksin Covovax di Palembang Hampir Kedaluwarsa

3. Vaksinasi dosis dua Sumsel capai 70 persen

Gubernur Sumsel Setuju Warga Diizinkan Mudik Lebaran Tahun IniIlustrasi vaksinasi COVID-19 (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Lesty menjelaskan, rencana masyarakat yang boleh bepergian saat mudik lebaran jika sudah mendapatkan vaksin dosis kedua atau booster. Jika kebijakan itu dilaksanakan, pihaknya akan lebih mendukung aturan mudik 2022.

"Harapanya seluruh masyarakat mendukung vaksinasi, semua segmen. Untuk vaksinasi lengkap hingga booster, bagi yang sudah vaksinasi lebih dari tiga bulan," tutur dia.

Menurut Lesty, pencapaian vaksinasi di Sumsel sudah cukup bagus. Hingga 22 Maret 2022, vaksinasi dosis pertama di Sumsel sudah 93,45 persen atau 5.889.990 orang.

Sedangkan dosis kedua sudah mencapai 70,78 persen atau 4.461.271 orang. Begitu juga vaksinasi booster sudah 5,24 persen atau 330.275 orang.

Baca Juga: Permintaan Darah di Palembang Naik 7 Ribu Kantong Tiap Bulan

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya