Comscore Tracker

Cerita Daffa Barista Palembang Tangan Kidal, Didukung Keluarga

Penggunaan tangan miliki tafsir berbeda dalam agama

Palembang, IDN Times - Beraktivitas dengan tangan kiri tidak membuat segalanya jadi mudah di tengah mayoritas pengguna tangan kanan. Perbedaan kecil tersebut dapat menjadi penghalang besar dalam setiap aktivitas.

Daffa Khalik Priliansyah pemuda berusia 20 tahun ditemui IDN Times di kota Palembang bercerita, sehari-hari beraktivitas normal seperti kebiasaan orang lain dalam pekerjaan. Daffa merupakan seorang barista, dirinya lebih dominan menggunakan tangan kiri dalam setiap pekerjaannya.

"Kesulitan itu gak ada karena saya sudah terbiasa dan nyaman menggunakan tangan kiri. Paling hanya beradaptasi saja dilingkungan mayoritas pengguna tangan kanan," ungkap Daffa, Sabtu (13/8/2022).

1. Anak kidal punya tangkapan visual berbeda

Cerita Daffa Barista Palembang Tangan Kidal, Didukung Keluargailustrasi menulis dengan tangan kidal (Pexels.com/JohnDiez)

Daffa menjelaskan, sejak kecil selalu diajarkan menggunakan tangan kanan. Hanya saja dirinya tak bisa menggunakan tangan kanannya. Dalam penglihatan secara visual, Daffa merasa penggunaan tangan kanan terasa terbalik.

"Misalnya saya dipraktikkan makan dengan tangan kanan, yang saya lihat itu jadi berbalik seperti visual yang tangan kanan melihat saya. Jika dipaksakan saya tidak akan nyaman," jelas dia.

Karena menggunakan tangan yang berbeda, Daffa mengaku pernah ditegur. Dirinya diminta membiasakan diri menggunakan tangan kanan seperti mayoritas anak lain.

"Tapi saya tetap enjoy (santai) karena lingkungan keluarga gak mempermasalahkan. Paling waktu ketemu orang baru banyak yang tanya-tanya soal kidal ini seperti apa, susah gak seperti itu," ujar dia.

2. Anak kidal harus beradaptasi dengan pengguna tangan kanan

Cerita Daffa Barista Palembang Tangan Kidal, Didukung KeluargaDaffa Khalik Priliansyah (20) bertangan kidal mengaku tak kesulitan untuk beraktivitas seperti kebanyakan orang bertangan kanan (IDN Times/Rangga Erfizal)

Dalam aktivitas lain bersama teman-teman mayoritas pengguna tangan kanan, Daffa pun kerap kesulitan beradaptasi. Daffa suka bermusik, dan memiliki band. Posisinya sebagai pemain drum kerap bersinggungan dengan teman-temannya yang lain.

Teman-temannya kerap kebingungan untuk menyamakan intonasi lagu lantaran ketukan drum yang dimainkan olehnya berbeda.

"Permasalahan diketukan drum, saya kerap memulai dari kiri. Agak kaku diawal saat masuk tapi setelahnya sudah terbiasa, termasuk kawan-kawan yang lain," ungkap dia.

3. Banyak tafsir tentang tangan kidal dari sisi agama

Cerita Daffa Barista Palembang Tangan Kidal, Didukung KeluargaIlustrasi toleransi agama (IDN Times/Mardya Shakti)

Permasalahan anak kidal adalah perbedaan dari kebanyakan anak lainnya dalam aktivitas penggunaan tangan. Salah seorang guru agama Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Palembang mengungkapkan, dalam pengertian agama ada keutamaan tentang penggunaan tangan kanan. Namun, penggunaan tangan kiri tidak bertentangan dengan norma agama jika memang itu bawaan lahir.

"Artinya itu memang sunatullah apalagi jika orang tua sudah membiasakan anak untuk menggunakan tangan kanan," ujar Chandra.

Dirinya merinci ada beberapa hadis tentang keutamaan makan dengan tangan kanan, yang berbunyi mengenai perintah makan dan minum dengan tangan kanan. Penggunaan tangan kiri diasosiasikan digunakan setan untuk makan dan minum.

"Menggunakan tangan kiri saat makan dan minum dalam agama terdapat dua pendapat jika tak ada udzur, pertama makruh kedua haram. Jika ada udzur ulama berpendapat tak mengapa. Udzur disini misalkan ada luka atau sakit, atau karena kecenderungan saat lahir dan telah diupayakan untuk tak kidal," jelas dia.

4. Anak-anak bertangan kidal tetapi diajarkan menggunakan tangan kanan

Cerita Daffa Barista Palembang Tangan Kidal, Didukung KeluargaIlustrasi anak-anak (IDN Times/Dwifantya Aquina)

Sebagai guru sekolah dasar, Chandra tak membedakan siswanya yang menggunakan tangan kiri dan tangan kanan. Menurutnya tak ada larangan bagi anak-anak menggunakan tangan kiri jika memang kecenderungannya lebih dominan kiri daripada kanan.

"Rata-rata anak bertangan kidal yang pernah berinteraksi dengan saya saat makan tetap menggunakan tangan kanan. Selain itu, kalaupun memang ada tetap menggunakan tangan kiri saat makan rasanya tak masalah kalau memang anak tersebut dominan kiri," kata dia.

Baca Juga: Kisah Fotografer Tangan Kidal Lampung: Jangan Anggap Diri Kita Berbeda

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya