Buka Wisma Atlet Jakabaring, Jumlah Kamar Pasien COVID-19 Sumsel Naik

Gubernur Sumsel warning tempat wisata dan mal

Palembang, IDN Times - Sejak satu tower di Wisma Atlet Jakabaring dibuka untuk penanganan COVID-19, angka Bed Occupancy Rate (BOR) di Sumatra Selatan diklaim mengalami penurunan. Sebelumnya angka ketersediaan tempat tidur bagi pasien COVID-19 tersebut mencatat angka 59 persen turun menjadi 48 persen.

"Sumsel masuk di provinsi yang BOR-nya tidak menghkawatirkan lagi. Tingkat okupansinya 48 persen dan sudah di bawah 50 persen," ungkap Gubernur Sumsel, Herman Deru usai Rapat Pengarahan dari Presiden Indonesia, Senin (17/5/2021) kemarin

1. Targetkan BOR turun 30 persen

Buka Wisma Atlet Jakabaring, Jumlah Kamar Pasien COVID-19 Sumsel NaikWisma atlet Jakabaring (ANTARA Foto/Nova Wahyudi)

Okupansi pasien COVID-19 di Sumsel sebelumnya sempat mendekati angka 60 persen, atau berada di ambang batas normal keterisian rumah sakit menurut standar organisasi kesehatan dunia (WHO). Jumlah BOR meningkat seiring angka positif COVID-19 di Sumsel ikut melonjak.

Dibukanya Wisma Atlet dengan kapasitas 196 kamar membuat BOR otomatis turun dan jumlah kamar meningkat. "Harapan kita angka BOR akan semakin turun hingga 30 persen saja, caranya menambah kapasitas tempat tidur pasien," beber dia.

Baca Juga: Masa Larangan Mudik di Sumsel Diperpanjang Hingga 31 Mei

2. Pemprov mengancam tutup tempat wisata

Buka Wisma Atlet Jakabaring, Jumlah Kamar Pasien COVID-19 Sumsel NaikANTARA FOTO/Basri Marzuki

Untuk mengantisipasi penyebaran kasus COVID-19, Deru meminta seluruh jajarannya memperhatikan tempat pariwisata dan kerumunan di mal. Menurutnya, kedua lokasi rawan sebagai tempat penyebaran kasus COVID-19.

"Saya memberikan warning kepada seluruh pengelola tempat wisata. Tadi sudah ada mandat secara khusus. Saya izin dengan Kapolda agar seluruh Kapolres se-Sumsel, jika ada tempat wisata yang tidak terkendali membuat konsentrasi massa yang sulit dikendalikan, agar tutup sementara," ujar dia.

3. Pengelola mal diminta batasi jumlah kunjungan

Buka Wisma Atlet Jakabaring, Jumlah Kamar Pasien COVID-19 Sumsel NaikIlustrasi Mal di Jakarta (IDN Times/Anata)

Dirinya meminta kepada seluruh aparat agar tidak segan menindak jika melihat kerumunan. Selain itu, pihaknya meminta pengelola mal membatasi jumlah pengunjung.

"Kita harus tetap waspada, pengelola mal saya minta agar mengatur pengunjung jangan sampai terjadi kerumunan yang mengakibatkan penyebaran virus," tutup dia.

Baca Juga: Terjaring di Pelabuhan, 7 Pemudik Asal Sumsel Positif COVID-19

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya