Comscore Tracker

Bandara SMB II Palembang Tetap Beroperasi Meski Larangan Mudik

SMB II disiapkan sebagai bandara alternatif pendaratan

Palembang, IDN Times - Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) nomor 13 tahun 2021 mengeluarkan imbauan untuk pengendalian transportasi pada 6-17 Mei mendatang. Artinya transportasi darat, laut, dan udara, terkena pembatasan khususnya jelang mudik lebaran.

Namun menurut otoritas Bandara Sultan Mahmmud Badaruddin (SMB) II  Palembang, pihaknya tidak akan menghentikan operasional dengan alasan dan pertimbangan sebagai bandar udara alternatif.

"Bandara Palembang juga sebagai salah satu Bandara Alternate Aerodrome, jika kondisi penerbangan berdampak pada cuaca buruk atau alasan operasional," ungkap Executive General Manager Angkasa Pura II Bandara SMB II Palembang, Tommy Ariesdianto kepada IDN Times, Rabu (14/4/2021).

1. SMB II antisipasi perjalanan tidak terjadwal

Bandara SMB II Palembang Tetap Beroperasi Meski Larangan MudikExecutive General Manager Angkasa Pura II Bandara SMB II Tommy Ariesdianto (IDN Times/Rangga Erfizal)

Menurut Tommy, kebijakan lain dari Permenhub maupun Surat Edaran (SE) Satgas COVID-19 yakni mengatur penumpang masih dapat bepergian. Mereka yang boleh melakukan perjalanan dengan alasan khusus seperti dinas, bekerja, atau kondisi mendesak seperti melahirkan dan kondisi sakit.

"Jadi bandara SMB II masih akan tetap melayani penerbangan terjadwal maupun penerbangan yang tidak terjadwal," ungkap dia.

Baca Juga: Pemerintah Larang Mudik, Palembang Perketat Prokes di Bandara

2. Sehari SMB II layani 3000 penumpang

Bandara SMB II Palembang Tetap Beroperasi Meski Larangan MudikSituasi di Bandara SMB II Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Akibat kondisi pandemik COVID-19, penumpang yang bepergian menggunakan pesawat baik dari dan ke Palembang mencapai 3.000 orang per hari. Jumlah ini menurun dua kali lipat jika dibandingkan sebelum pandemik.

"Saat ini masih dalam kondisi Low Season 3.000 pax/hari, meski begitu kita tetap standby 24 Jam. Jam operasional bandara tetap 06.00 WIB-20.00 WIB dan akan menyesuaikan kembali sesuai kebutuhan operasional," ujar dia.

3. Jumlah penumpang belum ada perubahan sejak larangan mudik dikeluarkan

Bandara SMB II Palembang Tetap Beroperasi Meski Larangan MudikSituasi di Bandara SMB II Palembang (IDN Times/Istimewa)

Senada dikatakan Manager of Airport Maintenance Bandara SMB II Palembang, Haerul Asidiki. Setelah kebijakan pembatasan transportasi dilakukan, aktivitas di bandara SMB II Palembang belum menunjukkan kenaikan penumpang. Dalam sehari, jumlah penumpang yang mendarat dan terbang di SMB II sebanyak 30 pesawat.

"Belum ada lonjakan yang signifikan dari penumpang. Jumlah penumpang masih normal seperti hari biasa saja," tutup dia.

Baca Juga: GeNose Resmi Jadi Pilihan Tes di Bandara SMB II Palembang

Topic:

  • Rangga Erfizal
  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya