Bandara SMB II Bersiap Hadapi Lonjakan Penumpang Masa Lebaran

300 personel berjaga sepekan sebelum dan setelah lebaran

Palembang, IDN Times - Sebanyak 300 orang personel gabungan lintas sektoral terlibat pengamanan di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang. Mereka melakukan pengamanan hari raya Idul Fitri.

"Para personel gabungan ini nantinya menempati posko penjagaan arus mudik H-7 hingga H+7 lebaran atau 25 April-10 Mei," ungkap Executive General Manager Bandara SMB II Palembang, Tommy Ariesdianto, Selasa (19/4/2022).

1. Libatkan tim lintas sektoral di SMB II

Bandara SMB II Bersiap Hadapi Lonjakan Penumpang Masa LebaranBandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) 2 Palembang. (IDN Times/ Deryardli Tiarhendi)

Tommy menjelaskan, tim gabungan bersiaga mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan saat mudik lebaran. Tim itu berasal dari TNI, Polri, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).

Lalu Keimigrasian dan dari internal Airport Rescue Fire Fighting (ARFF), Apron Movement Control (AMC), hingga Aviation Security (AVSEC).

"Dengan koordinasi ini diharapkan hal-hal yang tak diinginkan bisa dicegah," jelas dia.

Baca Juga: Aturan Baru Penumpang Bandara SMB II Palembang

2. Masyarakat yang sudah booster bebas PCR dan Antigen

Bandara SMB II Bersiap Hadapi Lonjakan Penumpang Masa LebaranIlustrasi vaksinasi COVID-19 (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Tommy menambahkan, jumlah penumpang saat mencapai 5.000 orang per hari yang berasal dari 44 kali pergerakan pesawat. Sebelumnya, jumlah penumpang hanya tembus 3.000 per hari.

Ia memprakirakan jumlah penumpang pada 2022 turut meningkat dari tahun sebelumnya hingga mencapai 7.000 penumpang per hari saat puncak lebaran.

"Terlebih ada kebijakan baru dari pemerintah meniadakan Antigen dan PCR bagi yang telah melakukan vaksinasi dosis ketiga. Kita harap kebijakan ini dipatuhi sesuai aturan berlaku," jelas dia.

3. Berencana menambah jumlah penerbangan

Bandara SMB II Bersiap Hadapi Lonjakan Penumpang Masa LebaranPengunjung mengamati pesawat Garuda Indonesia bercorak khusus dengan visual masker pada bagian moncong pesawat di Hanggar GMF AeroAsia Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (8/12/2020) (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Otoritas SMB II Palembang juga menyiapkan penambahan jadwal penerbangan bagi pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN). Untuk mengatur itu semua, SMB II telah menjalin komunikasi dengan pihak maskapai seperti Citylink dan Lion Grup.

"Tujuan penambahan rute Palembang ke Batam dan Palembang ke Jakarta. Kita harap keseluruhan operasional arus mudik aman dan lancar," tutup dia.

Baca Juga: Baru Sepekan Ramadan, Penerbangan di SMB II Palembang Naik

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya