38 Sekolah di Musi Rawas Terendam, Siswa Libur Sementara Waktu

Ketinggian banjir yang rendam sekolah mencapai 60 sentimeter

Palembang, IDN Times - Banjir yang melanda Kabupaten Musi Rawas (Mura) mengakibatkan 38 sekolah terendam. Banjir tersebut membuat aktivitas PAUD, TK, SD hingga SMP, terpaksa meniadakan aktivitas belajar mengajar.

"Kami telah mengeluarkan surat edaran. Sekolah yang terendam, sementara waktu siswanya diberi tugas di rumah," ungkap Asisten 1 Pemkab Mura dan Plt Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Mura, Ali Sadikin, Rabu (15/3/2023).

Baca Juga: Warga Korban Banjir di Musi Rawas Keluhkan Gatal-gatal dan Pusing

1. Sekolah yang terendam berada di tiga kecamatan

38 Sekolah di Musi Rawas Terendam, Siswa Libur Sementara WaktuIlustrasi banjir (IDN Times/Arief Rahmat)

Adapun ke-38 sekolah yang terendam banjir diketahui berasal di tiga kecamatan, Muara Kelingi, Bulung Tengah Suku (BTS) Ulu Cecar, dan Muara Lakitan. Menurut Ali, surat edaran akan berlaku sampai kondisi kondusif dan air surut. 

"Kalau kondisi air sudah normal nanti baru sekolah dibuka kembali," jelas dia.

Baca Juga: 5.000 Rumah di Sumsel Terendam Banjir Dalam Sepekan Terakhir

2. Tinggi air mencapai 60 sentimeter

38 Sekolah di Musi Rawas Terendam, Siswa Libur Sementara Waktu(Tampak lahan sawah di wilayah Desa Jentian Kecamatan Pajar Bulan, Kabupaten Lahat yang terkena dampak hujan deras) IDN Times/Istimewa

Ketinggian air yang merendam puluhan sekolah mencapai 60 sentimeter. Demi mencegah hal tidak diinginkan, Disdik dan pihak sekolah tidak menyelenggarakan proses belajar mengajar.

"Air di Muara Lakitan masih tinggi, belum surut. Sedangkan dua kecamatan lain di BTS ulu Cecar dan Kelingi sudah berangsur surut," jelas dia.

3. Akses jalan lintas putus

38 Sekolah di Musi Rawas Terendam, Siswa Libur Sementara WaktuIDN Times/khaerul anwar

Banjir tak hanya merendam sekolah dan rumah warga. Beberapa akses jalan lintas di tiga kecamatan juga tak bisa dilalui pengendara.

"Untuk daerah perkantoran di Muara Kelilingi kondisinya masih normal, masih bisa beraktivitas, begitu juga Puskesmas dan kantor pelayanan lainnya," tutup dia.

Baca Juga: Banjir di Musi Rawas Akibatkan Pengolahan Air Bersih di Muba Terhambat

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya