PPKM Level 3, Pemkot Palembang Harap Pandemik Segera Jadi Endemik

PPKM level 3 diperpanjang hingga 28 Maret 2022

Palembang, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang masih menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM dengan status level 3.  Hal ini melihat kondisi penyebaran COVID-19 di Palembang.

"Ini supaya kita cepat masuk ke fase endemik, dari pandemik," ujar Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinkes Palembang, Yudhi Setiawan, Selasa (15/3/2022).

Baca Juga: Kapolrestabes Jamin Tidak Ada Tawuran Lagi di Palembang, Yakin? 

1. Kebijakan PPKM level 3 di Palembang masih dengan aturan sama

PPKM Level 3, Pemkot Palembang Harap Pandemik Segera Jadi EndemikIlustrasi pemeriksaan suhu wisatawan masuk Palembang di terminal Alang Alang Lebar Palembang. (ANTARA FOTO/Feny Selly)

Sebelumnya PPKM level 3 telah diberlakukan Pemkot Palembang pada 1-14 Maret 2022 dan kini dilanjutkan kembali mulai 15-28 Maret 2022 dengan aturan masih sama sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

"Pembatasan tetap merujuk Imendagri nomor 2 tahun 2022 untuk wilayah Sumatra dan daerah di luar Pulau Jawa maupun Bali," kata dia.

Baca Juga: Pemkot Janji Masalah Kemiskinan di Palembang Tuntas Tahun 2023

2. Dinkes Palembang catat, kasus kematian COVID-19 didominasi pasien dengan komorbid

PPKM Level 3, Pemkot Palembang Harap Pandemik Segera Jadi Endemikilustrasi tenaga kesehatan. (ANTARA FOTO/Fauzan)

Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) Palembang, tren kasus COVID-19 mulai melandai dengan rata-rata kasus meninggal didominasi oleh pasien yang memiliki penyakit penyerta atau komorbid.

"Kasus aktif harian turun dan yang sembuh meningkat kemudian yang harus digarisbawahi penyebab kematian kebanyakan pasien, belum vaksinasi," ungkap dia.

3. Cakupan vaksinasi lansia dinilai masih rendah

PPKM Level 3, Pemkot Palembang Harap Pandemik Segera Jadi EndemikKantor Dinkes Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Yudhi mengimbau, sebaiknya warga dengan usia lanjut alias lansia berumur 60 tahun ke atas agar segera mendatangi fasilitas layanan kesehatan terdekat agar segera divaksinasi COVID-19.

"Kenapa gencar sosialisasi lansia, karena saat ini cakupan vaksinasi COVID-19 untuk lansia di Palembang masih 60 persen," timpalnya.

4. Ada 5 wilayah di Sumsel masih PPKM level 3, termasuk Palembang

PPKM Level 3, Pemkot Palembang Harap Pandemik Segera Jadi EndemikJuru Bicara Gugus Tugas Penanganan Percepatan COVID-19 di Palembang, Yudhi Setiawan (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Selain Palembang, kabupaten/kota di Sumatra Selatan (Sumsel) yang masih menerapkan PPKM level 3 adalah Ogan Komering Ulu Timur (OKUT), Ogan Ilir (OI), PALI dan Prabumulih. Sedangkan 12 wilayah lain sudah berada di level 2.

"Dari 17 kabupaten/kota di Sumsel hanya 5 daerah level 3 dan selebihnya sudah level 2. Maka itu baiknya masyarakat tetap patuhi protokol kesehatan dan percepat vaksinasi," kata dia.

Baca Juga: 10 Pelaku Tawuran di Palembang Menyerahkan Diri

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya