Persiapan Venue Fornas ke-VI di Sumsel Sudah 80 Persen 

Peserta FORNAS Sumsel mencapai 10 ribu orang

Palembang, IDN Times - Persiapan venues penyelenggaraan Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) ke-VI di Sumatra Selatan (Sumsel) pada 1-7 Juli 2022, sudah hampir rampung secara keseluruhan.

"Kesiapan Fornas sudah lebih dari 80 persen," ujar Ketua Panitia Fornas ke-VI Sumsel,
Achmad Syamsuddin, Jumat (10/6/2022).

1. Persiapan meliputi peningkatan kenyamanan dan fasilitas peserta

Persiapan Venue Fornas ke-VI di Sumsel Sudah 80 Persen Gedung PT Jakabaring Sport City Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Persiapan venues meliputi peningkatan fasilitas bagi para peserta seperti tempat istirahat saat pertandingan, kemudian pengawasan venues agar selalu bersih dan nyaman untuk ditempati.

"Kami memastikan persiapan ini selesai tuntas sebelum event berlangsung. Jadi saat pelaksanaan tidak ada lagi perbaikan. Kami juga berharap dukungan masyarakat menyukseskan Fornas ini," timpalnya.

Baca Juga: Senam Poco-Poco Sumsel Masuk Perlombaan Fornas VI Juli 2022

2. Persiapan venue didukung Pemprov Sumsel dan Pemkot Palembang

Persiapan Venue Fornas ke-VI di Sumsel Sudah 80 Persen IDN Times/Feny Maulia Agustin

Menurut Direktur Utama (Dirut) PT Jakabaring Sport City Palembang, Meina Paloh, pelaksanaan Fornas VI diharapkan menjadi motivasi baru untuk event nasional lain di Palembang pasca pandemik COVID-19.

"Persiapan venues dibantu pihak Pemprov dan Pemkot Palembang. Semua kebutuhan yang diperlukan sudah dikoordinasikan, dan kami sebagai pengelola siap menyambut Fornas tahun ini," singkat dia.

3. Fornas diikuti 55 Inogra dan 10 Exhibition

Persiapan Venue Fornas ke-VI di Sumsel Sudah 80 Persen Wakil Gubernur Sumsel, Mawardi Yahya (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Wakil Gubernur Sumsel, Mawardi Yahya menambahkan, Fornas ke-VI diikuti 55 Induk Organisasi Olahraga (Inogra) dan 10 exhibition dengan total peserta mencapai 10 ribu orang.

Sejumlah Inogra yang dipertandingkan meliputi Indonesia e-Sport Association (IESPA), Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (Pergatsi), Senam Tera Indonesia (STI), Indonesia Offroad Federation (IOF), dan Persatuan Olahraga Tradisional Indonesia (Portina).

"Termasuk keterlibatan Perkumpulan Sepak Bola Gaya Bebas Indonesia (IF3) serta Perkumpulan Pelayang Indonesia (Pelangi)," tambahnya.

4. Pemprov Sumsel masih gencar sosialisasi Fornas ke-VI di Sumsel

Persiapan Venue Fornas ke-VI di Sumsel Sudah 80 Persen PT Jakabaring Sport City (JSC) (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Ada juga Pengurus Pencak Silat Nasional Perisai Putih (PSNPP), Perguruan Olahraga Tenaga Dalam Cakra Mukti (PORTEDA), Federasi Orientering Indonesia (FONI), Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia, dan Skateboard, serta Sepeda BMX.

Lokasi yang bakal digunakan sebagai venues untuk penyelenggaraan meliputi JSC Palembang, Stadion Bumi Sriwijaya, Stadion Kamboja, Lapangan Hatta, Universitas Sriwijaya di Palembang, dan Skatepark Jakabaring.

"Venues landasan Udara SMH Tanjung Senai juga. Sekarang kami terus melakukan sosialisasi dengan gencar," tandas dia.

Baca Juga: 30 Atlet Cabor Gateball Sumsel Ditarget Emas di Fornas ke-VI

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya