Pemkot Tantang DKP Pertahankan dan Kembangkan Identitas Kota Palembang

Pelantikan kepengurusan baru Dewan Kesenian Palembang

Palembang, IDN Times - Wali Kota Palembang, Harnojoyo menyampaikan, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk terus berkarya lewat seni melalui wadah Dewan Kesenian Palembang (DKP).

Hal itu, sambung wali kota, bisa menjadi satu upaya melestarikan kesenian asli Palembang agar tetap eksis sepanjang zaman. Terlebih, dalam tubuh DKP ini merupakan orang-orang yang paham seni dan berkumpul dalam satu ruang.  

"Semoga seluruh pengurus DKP dan masyarakat lainnya selalu memberi kontribusi dalam mengembangkan kesenian Palembang. Kemudian mampu mempertahankan identitas kota dengan mengemban amanah yang dititipkan," ujar dia, usai melantik kepengurusan DKP periode 2019-2024 di Balai Kota Palembang, Jumat (20/12).

Terkait keinginan DKP yang minta disediakan gedung kesenian di Kuto Besak Theater Restoran(KBTR), Harnojoyo mengatakan, terkait tempat itu akan dibicarakan kembali setelah DKP mengajukan program secara representatif.

1. DKP mengawali program kesenian dengan visi berenergi

Pemkot Tantang DKP Pertahankan dan Kembangkan Identitas Kota PalembangSituasi pelantikan kepengurusan baru DKP 2019 di Balai Kota Palembang, Jumat (20/12) (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Ketua Dewan Kesenian Palembang, Mgs Iqbal Rudianto mengatakan, untuk mengawali program pengenalan kesenian asli Palembang, pihaknya sudah merencanakan visi dan misi kedepan yakni dengan sistem berenergi.

"Visi berenergi ini ada kepanjangannya, bersatu, berencana dan bersinergi, yang dalam hal ini memiliki turunan misi untuk menggali, mengembangkan, dan mempromosikan kesenian tradisional yang menjadi budaya Palembang," kata dia.

2. DKP mengupayakan aspirasi dan hak perjuangan para seniman Palembang

Pemkot Tantang DKP Pertahankan dan Kembangkan Identitas Kota PalembangKetua DKP Palembang Mgs Iqbal (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Sebagai lembaga dan wadah untuk menampung para seniman tetap berkarya, pria yang karib disapa Didit ini melanjutkan, DKP bakal mengupayakan aspirasi dan hak perjuangan seniman didengar oleh berbagai pihak termasuk pemerintah.

"Visi kedua dengan program DKP sebagai sistem organisasi, kami bisa menyampaikan sinergi antara seniman, masyarakat, serta pemerintah untuk membentuk ekosistem seni dan melahirkan seni kreatif, sehat, mandiri dan berkualitas," ujar dia.

3. Menciptakan iklim kesenian sesuai amanat AD/ART

Pemkot Tantang DKP Pertahankan dan Kembangkan Identitas Kota PalembangSituasi pelantikan kepengurusan baru DKP 2019 di Balai Kota Palembang, Jumat (20/12) (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Berdasarkan amanat AD ART (Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga), jelas Didit, DKP juga akan menciptakan iklim kesenian, dengan memulai mengenalkan kembali budaya lama yang asli meliputi kesenian Sanopal Anom, Wayang Palembang, Nenggung Mato dan lainnya.

"Seperti Dul Muluk yang sudah mulai dikenal luas. Budaya asli ini akan kita jadikan nilai jual, dalam membangun hubungan strategis antar lembaga dan stakeholder lain di tingkat kota bahkan provinsi. Contoh budaya makan ngidang, yang akan disosialisasikan lagi di setiap acara kepemerintahan," jelas dia.

Baca Juga: Dinas Pariwisata Klaim Sumbang 30 Persen PAD Palembang 

4. DKP bakal mendorong pembangunan perguruan tinggi seni

Pemkot Tantang DKP Pertahankan dan Kembangkan Identitas Kota PalembangSituasi pelantikan kepengurusan baru DKP 2019 di Balai Kota Palembang, Jumat (20/12) (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Owner Gunz Cafe itu menambahkan, visi dan misi selanjutnya mendorong pembangunan perguruan tinggi seni. Karena mengenalkan seni tidak selalu harus dilaksanakan dalam ruangan.

"Mengajak sosialisasi seni di luar ruangan, sekaligus mengadakan kegiatan destinasi di Palembang. DKP sebagai lembaga seni juga meminta agar kami bisa tersedia gedung kesenian, karena selama ini aspirasi banyak yang belum tersampaikan, dan pemerintah juga bisa menangkap dengan baik," tandas dia.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Topik:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya