Pemkot Palembang Evaluasi Standar Pelayanan Masyarakat di Puskesmas 

Pelayanan optimal dimulai dari peningkatan kualitas SDM

Palembang, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang mengevaluasi standar pelayanan minimal (SPM) di fasilitas kesehatan tingkat Puskesmas. Rencana perubahan itu sebagai upaya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), khusunya tenaga medis (nakes) di unit layanan kesehatan.

"Dengan SDM puskesmas yang baik, warga Palembang bisa mendapatkan layanan optimal sehingga tidak perlu ke rumah sakit, terutama saat mengatasi gejala sakit ringan dan sedang," ujar Wakil Wali Kota (Wawako) Palembang, Fitrianti Agustinda atau Finda, Rabu (13/10/2021).

1. Tingkatkan disiplin warga saat di Puskesmas

Pemkot Palembang Evaluasi Standar Pelayanan Masyarakat di Puskesmas Wakil Wali Kota (Wawako) Palembang Fitrianti Agustinda (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Selain melakukan evaluasi SPM di Puskesmas, Pemkot Palembang juga berupaya meningkatkan disiplin warga terkait protokol kesehatan (prokes).

"Masyarakat diharapkan selalu menerapkan prokes, seperti menjaga jarak fisik secara ketat ketika ke luar rumah atau berada di pusat keramaian," kata dia.

Baca Juga: Viral Puskesmas Palembang Tak Layani Pasien COVID-19

2. Tingkatkan SDM di Puskesmas dengan bimbingan teknis

Pemkot Palembang Evaluasi Standar Pelayanan Masyarakat di Puskesmas ilustrasi nakes PPU yang kelelahan setelah memberikan pelayanan pasien kepada positif COVID-19 (IDN Times/Ervan)

Finda mengatakan, upaya meningkatkan kualitas SDM di pusat kesehatan masyarakat perlu dievaluasi rutin secara berkala. Seperti memberikan kesempatan kepada nakes dan nonmedis mengikuti pelatihan.

"Termasuk bimbingan teknis dan seminar terkait kesehatan masyarakat, atau perbaikan pelayanan masyarakat," timpalnya.

3. Minta semua nakes di Puskesmas bertanggung jawab dengan tugasnya

Pemkot Palembang Evaluasi Standar Pelayanan Masyarakat di Puskesmas Simulasi vaksinasi COVID-19 di Puskesmas Gandus Palembang (IDN Times/Dokumen)

Ia melanjutkan, SDM Puskesmas Palembang yang berkualitas diharapkan dapat memberi pelayanan prima namun fleksibel dan mampu mengelola keuangan dengan optimal.

"Semua petugas puskesmas yang tersebar di 18 kecamatan bisa bertanggung jawab dengan tugasnya, dan memperhatikan azas keadilan serta kepatutan," tandas dia.

Baca Juga: Puskesmas Jadi Kunci Penerapan PPKM Mikro di Palembang

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya