Pemkot Palembang Bakal Buat Kolam Retensi di Simpang Bandara SMB II

Pembangunan dimulai 2023 dengan dana senilai Rp30 miliar

Palembang, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang kembali membangun satu kolam retensi di Simpang Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II. Proyek untuk mencegah banjir itu direncanakan bisa terealisasi pada 2023 mendatang.

"Ini untuk mengatasi banjir, tapi pembangunan ini butuh biaya tinggi sekitar Rp30 miliar," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Palembang, Ratu Dewa, Kamis (16/4/2022).

1. Minta bantuan Pemprov Sumsel dan BBWS VI

Pemkot Palembang Bakal Buat Kolam Retensi di Simpang Bandara SMB IIKantor Wali Kota Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Ia mengaku, rencana pembangunan kolam retensi di Simpang Bandara SMB II Palembang sudah diwacanakan sejak setahun belakangan. Namun hingga saat ini belum terealisasi karena butuh anggaran yang besar.

"Tapi ini segera terealisasi dan akan dibangun atas koordinasi Pemkot Palembang bersama Pemprov dan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) VII," kata dia.

Baca Juga: Penanganan Banjir Palembang Dinilai Tanpa Rencana Jangka Panjang

2. Fokus membangun kolam retensi untuk penampungan air

Pemkot Palembang Bakal Buat Kolam Retensi di Simpang Bandara SMB IISekretaris Daerah (Sekda) Palembang, Ratu Dewa, (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Untuk memaksimalkan persiapan pembangunan kolam retensi di Simpang Bandara SMB II Palembang, Pemkot telah meninjau lokasi bersama tim terkait.

"Kita fokuskan untuk membangun kolam retensi dalam upaya mengatasi genangan dan tumpukan air yang terjadi. Kita juga sudah memantau langsung lokasi," jelasnya.

Baca Juga: Ada 42 Anak Sungai, Palembang Ternyata Cuma Punya 1 Pintu Air

3. Kolam retensi juga dibuat lokasi wisata skala kecil

Pemkot Palembang Bakal Buat Kolam Retensi di Simpang Bandara SMB IISuasana kota Palembang di pelataran Benteng Kuto Besak (BKB) (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Dewa berharap, rencana pembangunan ini bisa menjawab banjir yang dikeluhankan masyarakat saat rapat di DPRD Palembang beberapa waktu lalu. 

"Lokasi ini juga kita minta ditata jadi wisata skala kecil untuk masyarakat di wilayah tersebut. Nanti ada joging track. Kami juga berharap ada tambahan dari Pemprov Sumsel agar segera terealisasi," tandas dia.

Baca Juga: Catat, Enam Masalah Ini Ditarget Pemkot Palembang Selesai Tahun 2022

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya