Comscore Tracker

Palembang Menuju New Normal, Jubir COVID-19: Tim Masih Mengkaji

Dengan kepatuhan protokol, kesehatan bakal meningkat

Palembang, IDN Times - Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19, Yusri menyampaikan, skenario new normal atau normal baru bisa saja diterapkan di Palembang. Namun harus dengan pemenuhan atau penerapan protokol kesehatan.

"Jika melihat parameter perkembangan, (COVID-19) masih ada. Tim masih mengkaji terutama melibatkan ahli membahas pola penerapan normal baru. Bisa saja berjalan asal aktifitas fisik normal seperti sekolah dan bekerja tetap memperhatikan protokol kesehatan," katanya, Minggu (31/5).

1. Tetap meningkatkan imunitas

Palembang Menuju New Normal, Jubir COVID-19: Tim Masih MengkajiIlustrasi pasien tes swab. IDN Times/Feny Maulia Agustin

Agar berjalan sesuai dengan harapan, hal utama yang perlu diperhatikan adalah kepatuhan terhadap aturan pemerintah. Konsistensi wajib masker mesti disiplin karena penyebaran virus belum selesai.

"Selalu cuci tangan untuk mencegah virus masuk mulut, hidung maupun mata serta tetaplah tenang dan waspada. Penurunan bukan berarti selesai, penambahan bukan tidak terkontrol. Siapkan daya imunitas dan jangan lupa berdoa," jelas dia.

Baca Juga: Siswa di Palembang Masuk 15 Juni, Sekolah Terapkan Sistem Ganjil-Genap

2. Kasus terkonfirmasi positif COVID-19 Sumsel capai 982 orang

Palembang Menuju New Normal, Jubir COVID-19: Tim Masih MengkajiIlustrasi rapid test (IDN Times/ Deryardli Tiarhendi)

Berdasarkan data tercatat per hari ini, terang Yusri, perkembangan kasus COVID-19 sudah 6.231 orang dalam pantauan (ODP) dengan rincian selesai pemantauan sebanyak 4.249 orang dan masih dalam proses total ada 1.982 orang.

"Untuk pasien dengan pengawasan (PDP) masih 567 orang, rinciannya selesai perawatan 322 orang dan tersisa 245 pasien masih dirawat di rumah sakit," terang dia.

Sedangkan sampel pemeriksaan yang masih uji laboratorium sebanyak 4.095 sampel dengan 3.207 orang tanpa gejala atau OTG, 701 sampel PDP dan 187 sampel ODP.

"Rinciannya, 982 terkonfirmasi positif dan 2.016 hasilnya negatif. Dalam proses pemeriksaan 1.097 sample," ujarnya.

Baca Juga: Ahli Mikrobiologi Ini Ungkap Palembang Belum Siap Terapkan Normal Baru

3. Total pasien sembuh mencapai 203 orang

Palembang Menuju New Normal, Jubir COVID-19: Tim Masih MengkajiRuang periksa pasien terduga COVID-19 di RSMH Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Yusri melanjutkan, sejauh ini total pasien COVID-19 di Sumsel yang telah dinyatakan sembuh ada 203 orang, dengan tambahan kasus sembilan orang sehat yang berasal dari Palembang, Prabumulih, Muara Enim dan luar wilayah Sumsel.

"Sembuh Prabumulih 1 orang, Palembang 5 orang, Muara Enim 1 orang, 2 orang dari luar wilayah," katanya.

Sementara, terkonfirmasi positif COVID-19 berjumlah 19 orang dari 15 orang asal Palembang, 1 orang asal Ogan Komering Ulu Timur (OKUT), 1 orang dari Banyuasin dan 2 orang asal Muara Enim.

"Jumlah meninggal hari ini total 33 orang, penambahan 3 orang meninggal semua dari Palembang," tandasnya.

Baca Juga: Jokowi Restui 4 Daerah di Sumsel Terapkan Normal Baru

Topic:

  • Feny Maulia Agustin
  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya