Mabes Polri Verifikasi Kelayakan Venue Piala Dunia U-20 di Palembang

Pemeriksaan dilakukan agar Tragedi Kanjuruhan tak terulang

Palembang, IDN Times - Jelang penyelenggaraan Piala Dunia U-20 di Indonesia pada Mei 2023, sejumlah venue tuan rumah mulai dicek dan diverifikasi. Pemeriksaan dilakukan untuk kelayakan tanding seperti di Kawasan Jakabaring Sport City (JSC) Palembang.

Pengecekan tersebut dilakukan berdasarkan intruksi Presiden Joko 'Jokowi' Widodo. Tim Risk Assessment Mabes Polri langsung mendatangi JSC Ppalembang, Kamis (5/1/2023) kemarin.

"Pengecekan termasuk jalur evakuasi lokasi helipad untuk menentukan apakah sesuai dengan data yang sudah disampaikan," ujar Plt Sekretaris Asprov PSSI Sumsel, Faisal Mursyid, Jumat (6/1/2023).

Baca Juga: Gelora Sriwijaya Jakabaring Tak Masuk Opsi Pembuka Piala Dunia U-20

1. Tim Mabes Polri cek kelengkapan sarana dan prasarana

Mabes Polri Verifikasi Kelayakan Venue Piala Dunia U-20 di PalembangStadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) di JSC Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Tinjauan venue Piala Dunia U-20 juga dilakukan untuk mencegah stadion tuan rumah mengalami tragedi seperti di Kanjuruhan, Malang. Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) Palembang harus diverifikasi ulang oleh Tim Risk Assessment.

"Kunjungan tim juga untuk memantau sampai sejauh mana kelengkapan stadion dengan sarana dan prasarananya," kata dia.

Baca Juga: Sumsel Akan Terima Rp500 Miliar untuk Persiapan Piala Dunia U-20 

2. Kelayakan stadion dinilai berdasarkan aturan kepolisian terbaru

Mabes Polri Verifikasi Kelayakan Venue Piala Dunia U-20 di PalembangVerifikasi Kelayakan Venue Piala Dunia U-20 di Palembang

Selain Stadion GSJ Palembang, Stadion Bumi Sriwijaya juga diverifikasi ulang sebagai lapangan pendamping untuk penyelenggaraan Piala Dunia U-20. Penilaian dan pengecekan dilihat dari sisi keamanan stadion.

"Termasuk kondisi kelengkapan dan kelayakan sesuai dengan peraturan kepolisian yang terbaru," jelasnya.

3. Verifikasi stadion juga berkaitan dengan Liga 2

Mabes Polri Verifikasi Kelayakan Venue Piala Dunia U-20 di PalembangSekretaris Perusahaan PT Sriwijaya Optimis Mandiri (SOM) Faisal Mursyid (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Faisal berharap selain untuk verifikasi kelayakan venue Piala Dunia U-20, kunjungan Tim Risk Assessment Mabes Polri dapat mendorong percepatan pelaksanaan Liga 2 yang hingga saat ini terhambat.

"Semoga dengan adanya risk assesment ini diharapkan pemerintah maupun otortitas sepak bola, seperti PSSI dan operator PT LIB, segera menggulirkan Liga 2 yang belum ada titik terang," kata dia.

Baca Juga: Gubernur Sumsel Cemas Piala Dunia U-20 di Palembang Batal

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya