Comscore Tracker

Keberangkatan CJH, Kanwilkemenag Sumsel Siapkan Dua Alternatif Ini 

Dampak wabah virus corona secara global

Palembang, IDN Times - Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sumatera Selatan (Sumsel), HM Alfajri Zabidi, melalui Kepala Sub Bagian (Kasubag) Humas Kemenag Sumsel, Saefuddin Latief menyampaikan, pihaknya sudah punya alternatif keberangkatan bagi Calon Jemaah Haji (CJH) Sumsel.

"Sesuai anjuran Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi, kita sudah menyampaikan informasi melalui akun resmi, terkait keberangkatan jemaah haji di tengah situasi virus corona. Kami sedang membahas alternatif-alternatif untuk mengatasi kemungkinan yang tidak diharapkan," ujar dia, Sabtu (28/3).

1. Kemenag siapkan dua alternatif keberangkatan calon jemaah haji Indonesia

Keberangkatan CJH, Kanwilkemenag Sumsel Siapkan Dua Alternatif Ini Ilustrasi jemaah haji Indonesia (IDN Times/Istimewa)

Saefuddin mengungkapkan, selain meminta pertolongan dan berdoa pada Tuhan yang Maha Kuasa agar wabah ini cepat berlalu, pihaknya juga telah merencanakan dua alternatif bagi calon jemaah haji Indonesia.

"Pertama, jemaah haji Sumsel tetap berangkat, bila tidak ada masalah lagi, dengan mengasumsikan perencanaan jadwal sesuai waktu yang ditetapkan atau ada perubahan. Kemudian, alternatifnya jika haji tahun ini ada pembatalan, maka kita buat mitigasi. Jadi jangan sampai pembatalan merugikan jemaah, khususnya untuk 6.960 calon jemaah haji asal Sumsel," ungkap dia.

2. Ada 2.562 calon jemaah haji Sumsel yang telah melunasi pembayaran

Keberangkatan CJH, Kanwilkemenag Sumsel Siapkan Dua Alternatif Ini Ilustrasi Jemaah Haji (IDN Times/Dok. Humas Bandara SAMS Sepinggan)

Data terbaru per 27 Maret kemarin, jelas Saefuddin, sudah ada 2.562 calon jemaah haji asal Sumsel yang sudah melunasi pembayaran Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) tahun 2020.

"Untuk Palembang tahun ini besaran Bipih sebesar Rp33.073.062, dan dari total jemaah yang akan berangkat belum mencapai 50 persen jemaah membayar pelunasan," jelas dia.

Baca Juga: Transmisi Lokal Sebaran Corona Meluas, PDP - ODP di Sumsel Meningkat

3. Pembayaran Bipih calon jemaah haji diperpanjang hingga Mei 2020

Keberangkatan CJH, Kanwilkemenag Sumsel Siapkan Dua Alternatif Ini Ilustrasi jemaah haji. ANTARA FOTO/Arnas Padda

Saefudin melanjutkan, masa pelunasan Bipih regular untuk tahap pertama ini awalnya dijadwalkan mulai dari 19 Maret hingga 17 April 2020. Namun, melihat situasi yang kurang kondusif maka jadwal diperpanjang.

"Sampai tanggal 30 April 2020 untuk jadwal pertama, dan untuk pelunasan tahap kedua awalnya dari 30 April hingga 15 Mei 2020, kini diubah menjadi tanggal 12 sampai 20 Mei 2020," tandas dia.

Total 6.960 jumlah calon jemaah haji asal Sumsel yang akan berangkat tahun 2020, dari Palembang (3.336), Kabupaten Muba (199), OKU (304), OKI (427), Muaraenim (326) dan Musi Rawas (149).

Kemudian, dari Lahat (230), Prabumulih (256), Lubuklinggau (204), Pagaralam (67), Banyuasin (162), OKU Timur (922), Ogan Ilir (199), OKU Selatan (40), Empat Lawang (39), Pali (13) serta Muratara (87).

Topic:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya