Jembatan Musi VI Palembang Dipasang 20 CCTV Cegah Pencurian

Penegakan hukum bakal lebih cepat jika terekam kamera CCTV

Palembang, IDN Times - Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan (Pemprov Sumsel) berupaya menekan kriminalitas di Palembang, salah satunya memasang CCTV di Jembatan Musi VI.

"Karena di sana sering menjadi sasaran pencurian baut dan kabel oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab," ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Tata Ruang (PUBMTR) Sumsel, Affandi, Minggu (19/11/2023).

Baca Juga: Baru Diresmikan, Kabel Flyover Patih Galung Prabumulih Hilang Dicuri

1. CCTV juga merekam vandalisme

Jembatan Musi VI Palembang Dipasang 20 CCTV Cegah Pencurianilustrasi CCTV HIKVISION CCTV DS-2CD1110-I (dok. Hikvision US)

Total pemasangan CCTV di Jembatan Musi VI Palembang sebanyak 20 unit di sisi kiri dan kanan jembatan. Pemasangan juga untuk mengawasi dan mencegah vandalisme.

"Termasuk menghindari vandalisme di jembatan. Saat ini pemasangan sedang dalam proses dan akan selesai pekan depan," timpal dia.

Baca Juga: Tarif PDAM Tirta Musi Naik Rp500 Per Kubik Mulai Oktober 2023

2. CCTV bisa mempercepat proses penegakan hukum

Jembatan Musi VI Palembang Dipasang 20 CCTV Cegah PencurianJembatan Musi VI Palembang (IDN Times/istimewa)

Kamera pengawas di Jembatan Musi VI Palembang difokuskan pada tempat-tempat yang sering terjadi pencurian baut dan kabel. Sehingga pemantauan lebih mudah dan semua kejadian langsung ditindak segera.

"Jika ada yang mencuri atau merusak, kami bisa segera menindaklanjuti dan melaporkannya ke pihak berwenang," katanya.

3. Minta masyarakat menjaga fasilitas publik

Jembatan Musi VI Palembang Dipasang 20 CCTV Cegah Pencurianilustrasi CCTV (pexels.com/Free Stock)

Affandi juga mengimbau masyarakat untuk bersama-sama menjaga dan memelihara jembatan Musi VI sebagai aset yang sudah dibangun oleh pemerintah. Ia berharap masyarakat tidak melakukan tindakan yang merugikan.

“Sebetulnya yang paling penting adalah kesadaran dan perilaku masyarakat agar bersama-sama menjaga dan memelihara semua aset,” jelas dia.

Baca Juga: Polrestabes Palembang Duga Kebakaran 12 Bus Trans Musi Disengaja

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya