Ini Alasan Andrea Hirata yang Konsisten Pilih Menulis Kisah Marjinal 

Mencoba jadi penulis skenario dan menyutradarai sebuah film

Palembang, IDN Times - Penulis novel Laskar Pelangi, Andrea Hirata, memberikan bocoran kepada publik tentang buku yang baru ditulisnya berjudul Orang-Orang Biasa, yang menyiratkan pesan from zero to hero.

"Banyak orang bertanya kepada saya, kenapa selalu menyuguhkan cerita dan tulisan marjinal. Saya pun selalu menjawab, memang begitu seluruh karya yang sudah dipublikasikan, pasti berisi tentang perjalanan from zero to hero," ungkap Andrea, setelah mengisi acara bedah buku di Lantai 4 Ruang Serbaguna Bank Indonesia Palembang, Senin (30/9).

Penulis asal Belitung Timur itu menerangkan, hal tersebut didasari passion dalam dirinya. Karena, selama 15 tahun menjadi penulis, dirinya tetap konsisten dengan alur cerita yang dituangkan.

"Tapi perlu dipahami, bahwa seorang penulis harus bisa berkarya di dalam segmen dan aspek apapun," terang dia.

Pria kelahiran Oktober ini melanjutkan, selain baru mengeluarkan edisi pertama buku Orang-Orang Biasa, Andera juga tengah merilis Laskar Pelangi yang diterjemahkan dalam bahasa asing dengan judul The Rainbow Troops.

"Saat ini lagi dalam proses alih bahasa ke bahasa Inggris (Laskar Pelangi). Insyaallah kontrak lagi dengan Caitlyn Anderson Management, dan akan terbit di Amerika untuk Orang-orang Biasa," kata dia.

Seperti diketahui, Andrea sudah menulis sejak 2004 lalu dan menghasilkan 11 novel, yang salah satunya telah diterjemahkan ke dalam 40 bahasa. Beberapa novelnya pun sudah diangkat ke layar lebar. 

Tak hanya itu, kabar baik bagi pencinta karya-karya penulis Tetralogi Laskar Pelangi, pada bulan depan akan menerbitkan dua novel baru lagi. Andrea juga sempat membocorkan sampul depan dua novel tersebut, namun masih enggan menceritakan sedikit cerita di dalam novel-novel tersebut.

Dalam karya terbarunya, Andrea tetap konsisten mengangkat kisah kaum marjinal seperti beberapa karya sebelumnya. "Tunggu bulan depan saja. Ada dua sekaligus yang akan terbit," tambah dia.

Andrea juga ingin mencoba menjadi penulis skenario dan menyutradarai sebuah film untuk mencoba profesi lain dengan sebuah misi. "Bukan untuk pindah profesi, tapi saya ingin mencoba kegiatan lain." tandasnya.

Baca Juga: 5 Pesan Moral dari Buku Terbaru Andrea Hirata 'Orang-orang Biasa'

Topik:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya