GSJ Tak Dikunjungi FIFA, Palembang Batal Tuan Rumah Piala Dunia U-17?

Padahal panitia Palembang sudah menunaikan rekomendasi FIFA

Palembang, IDN Times - Asosiasi Provinsi Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia Sumatra Selatan (Asprov PSSI Sumsel) belum mengetahui kepastian menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17.

Padahal sebelumnya, Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) Palembang disebut-sebut menjadi bagian dari perhelatan awal November 2023.

"Batal atau tidak kami belum menerima lebih lanjut, apakah palembang masuk di salah satu kota penyelenggaraan," ujar Sekretaris Tim Teknis Asprov PSSI Sumsel sekaligus Panitia Persiapan Piala Dunia U-17, Faisal Mursyid, Minggu (30/7/2023).

Baca Juga: Erick Thohir Tinjau Seleksi Timnas Piala Dunia U-17 di Palembang

1. FIFA inspeksi stadion tuan rumah Piala Dunia U-17 hingga 31 Juli

GSJ Tak Dikunjungi FIFA, Palembang Batal Tuan Rumah Piala Dunia U-17?Asprov PSSI Sumsel sekaligus Sekretaris Perusahaan PT Sriwijaya Optimis Mandiri (SOM) Faisal Mursyid (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Kejelasan Palembang belum diketahui pasti, sebab stadion GSJ Palembang tidak masuk dalam daftar inspeksi dan kunjungan FIFA.

FIFA sejak Sabtu (28/7/20223) hingga Senin (31/7/2023) telah merilis lokasi tuan rumah pelaksanaan Piala Dunia U-17 dan memantau stadion. Namun Palembang tidak termasuk dalam daftar kunjungan dari empat stadion yang telah ditetapkan.

Baca Juga: Pemprov Sumsel Minta Sriwijaya FC Tak Sembarangan Gunakan Stadion

2. Persiapan di Stadion GSJ Palembang sudah 99 persen

GSJ Tak Dikunjungi FIFA, Palembang Batal Tuan Rumah Piala Dunia U-17?Pertandingan di Stadion GSJ Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Meski FIFA hanya mengunjungi empat stadion di Pulau Jawa, Murysid mengklaim persiapan GSJ sudah mencapai 99 persen. Perbaikan infrastruktur dan lapangan latihan khusus yang diminta FIFA telah dilakukan.

"Bagi kami saat ini mengikuti saja. Kalau bicara GSJ, semua hal yang direkomendasi FIFA untuk perbaikan sarana dan prasarana sudah terpenuhi standar, " kata dia.

3. Daftar stadion yang dikunjungi FIFA

GSJ Tak Dikunjungi FIFA, Palembang Batal Tuan Rumah Piala Dunia U-17?Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) di JSC Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Berikut empat stadion yang dikunjungi FIFA.
1. Stadion JIS, Jakarta (29/7/2023)
2. Stadion Si Jalak Harupat, Bandung (30/7/2023).
3. Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya ( 31/7/2023)
4. Stadion Manahan, Surakarta (1/7/2023).

Sebelumnya, ada delapan stadion yang direncanakan menjadi venue Piala Dunia U-17 2023, yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Manahan (Surakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali).

Kemudian ada Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), Stadion Jakabaring (Palembang), Jakara International Stadium (JIS), dan Stadion Pakansari (Bogor).

Baca Juga: 4 Keunggulan Palembang Siap Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya