Comscore Tracker

Cegah Narkoba, Palembang Bikin Kampung Bersinar Tiap Kecamatan

Harnojoyo sebut pecandu dan pengedar jadi sampah masyarakat

Palembang, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang berencana membangun Kampung Bersih Narkoba (Bersinar) di setiap kecamatan dan kelurahan. Tujuannya, tak lain untuk menekan peredaran narkoba di perkampungan. Perwujudan program tersebut mulai hadir di Kelurahan 29 Ilir, Kecamatan Ilir Barat II.

"Mudah-mudahan Kampung Bersinar di Palembang secara bertahap bisa hadir di kampung-kampung bersinar lainnya, bila perlu di seluruh kelurahan," ujar Wali Kota (Wako) Palembang, Harnojoyo, usai meresmikan Kampung Bersinar di Rumah Dinas Wako Palembang, Rabu (29/9/2021).

1. Ketatkan kawasan Kampung Bersinar

Cegah Narkoba, Palembang Bikin Kampung Bersinar Tiap KecamatanJembatan Ampera di Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Program khusus yang telah dicanangkan bersama Badan Nasional Narkotika Sumatra Selatan (BNN Sumsel) ini, dibentuk karena kian banyak angka pemakai dan pengedar narkoba di Palembang.

Selain mewacanakan Kampung Bersinar tiap kelurahan, Pemkot Palembang berharap ada pengetatan di setiap lokasi dari pengedaran maupun penggunaan narkoba.

"Saya kira ini sangat penting, karena kita tahu bahwa bahaya narkoba ini melebihi dari bahaya corona," kata dia.

Baca Juga: Pemkot Palembang Janji Bikin Kampung Bebas Narkoba

2. Bakal ada tes narkoba di ruang publik

Cegah Narkoba, Palembang Bikin Kampung Bersinar Tiap KecamatanPemkot Palembang launching Kampung Bersinar (IDN Times/Dokumen)

Harnojoyo juga berencana tiap daerah di Palembang akan menggelar uji klinis atau tes bahaya narkoba kepada setiap warga. Ia berharap pencegahan bahaya narkoba diperlakukan seperti penanganan corona.

"Alangkah baiknya kita berlakukan narkoba sama seperti corona. Kalau mau naik pesawat harus tes narkoba dulu, tak terkecuali juga ke mal. Apapun aktivitas bila perlu kita tes narkoba semua," timpalnya.

Baca Juga: Gerebek Kampung Narkoba di Palembang, Polisi Melompat ke Sungai Musi

3. Pengedar dan pemakai narkoba merupakan sampah masyarakat

Cegah Narkoba, Palembang Bikin Kampung Bersinar Tiap KecamatanRTH Benteng Kuto Besak di Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Menurut dia, dampak dari narkoba akan membawa pengaruh negatif. Seperti akal sehat bagi para pengguna narkoba yang bisa menimbulkan hal-hal tak diinginkan. Harnojoyo menyebut pecandu narkoba menjadi sampah masyarakat.

"Ketika menjadi sampah ini maka akan menjadi masalah bahkan beban bagi kita," ujarnya.

4. Program Kampung Bersinar diharapkan berkelanjutan

Cegah Narkoba, Palembang Bikin Kampung Bersinar Tiap KecamatanJalan di Jembatan Ampera (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Koordinator Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat dari BNN Sumsel, Ika Wahyu Hindaryati menambahkan, Kampung Bersinar yang menjadi program Pemkot diharapkan bisa membuat tiap perkampungan di Palembang bisa terbebas dari narkoba.

"Harapan kita ini tidak hanya launching, tetapi berkelanjutan melalui sinergitas semua OPD serta berbagai kegiatan pencegahannya secara rutin, berkala, dan komprehensif," tandas dia.

Baca Juga: Polisi Gerebek Kampung Narkoba di Tangga Buntung Palembang

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya