BMKG Palembang Prediksi Angin Kencang dan Hujan Lebat Saat Pencoblosan

Pemda Sumsel diminta mitigasi bencana saat pencoblosan nanti

Intinya Sih...

  • BMKG prediksi curah hujan tinggi dan angin kencang di Palembang hingga akhir Februari 2024.
  • Pemda diminta waspada terhadap potensi banjir saat Pemilu 2024, terutama di Lahat, Muara Enim, Musi Rawas, dan OKU.
  • Intensitas hujan lebat bisa membuat Sungai Musi meluap serta potensi banjir dan longsor di wilayah Sumsel lainnya.

Palembang, IDN Times - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi curah hujan sedang hingga lebat disertai angin kencang akan terjadi di Palembang hingga akhir Februari 2024.

Potensi curah hujan tinggi dikhawatirkan terjadi saat pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Demi mengantisipasi bencana banjir, Pemerintah Daerah (Pemda) diminta waspada dan mengupayakan mitigasi bencana.

"Karena potensi hujan masih tinggi jadi kewaspadaan terhadap bahaya bencana hidrometeorologi tetap dilakukan. Pemkot dan Pemprov juga harus mewaspadai potensi bencana," ujar Kepala Unit Analisa Dan Prakiraan Stasiun Meteorologi SMB II Palembang, Sinta Andayani, Kamis (1/2/2024).

Baca Juga: Lurah dan Camat Palembang Diminta Tanggung Jawab Cegah Banjir di TPS

1. Lahat dan Muara Enim diprediksi hujan lebat lebih tinggi

BMKG Palembang Prediksi Angin Kencang dan Hujan Lebat Saat PencoblosanTower Jembatan Ampera Palembang (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Potensi hujan deras dan angin kencang diperkirakan terjadi hampir di seluruh wilayah Sumatra Selatan (Sumsel). Namun daerah dengan prediksi lebih tinggi terjadi di Lahat, Muara Enim, Musi Rawas, dan Ogan Komering Ulu (OKU).

"Pemerintah dan masyarakat perlu mewaspadai intensitas hujan sedang hingga lebat dan akumulasi hujan yang telah terjadi di hari-hari sebelumnya," kata dia.

Baca Juga: Pemkot Palembang Bakal Buat Dapur Umum Bagi Korban Banjir

2. Berpotensi sungai meluap, banjir, dan longsor

BMKG Palembang Prediksi Angin Kencang dan Hujan Lebat Saat Pencoblosanilustrasi hujan-hujanan (pexels.com/Matthew Baysantos)

Intensitas hujan lebat diperkirakan membuat Sungai Musi meluap, serta potoensi banjir dan longsor di wilayah lain Sumsel, seperti jalur perbatasan Lahat-Pagaralam.

"Akibatnya bisa meluap sungai, banjir, dan longsor," timpalnya.

3. BMKG aktif berkoordinasi demi mitigasi bencana

BMKG Palembang Prediksi Angin Kencang dan Hujan Lebat Saat PencoblosanIlustrasi hujan (IDN Times/Irwan Idris)

Sinta mengatakan, BMKG dan Pemda serta instansi terkait selalu aktif berkoordinasi mengupayakan mitigasi bencana di musim hujan, agar potensi bencana banjir dan longsor dapat dicegah lebih dini.

"BMKG juga terus menginformasikan update prakiraan cuaca, baik ke dinas terkait dan juga ke seluruh masyarakat," jelas dia.

Baca Juga: Air di Hulu dan Hilir Meninggi, Lima Sungai Sumsel Berstatus Siaga 1

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya