Asyik, Jalur Khusus Sepeda di Palembang Sedikit Lagi Terealisasi!

Realisasi akan diupayakan seminggu ke depan

Palembang, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang segera merealisasikan pembangunan jalur khusus sepeda dalam waktu dekat. Sekretaris Daerah (Sekda) Palembang, Ratu Dewa menyebutkan, pembangunan jalur bakal dicek langsung Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI seminggu ke depan.

"Senin ada pertemuan membahas jalur khusus sepeda, kami menyaring masukan dari komunitas," ujar Dewa, Minggu (20/9/2020).

1. Pihak swasta siap bantu pembuatan jalur sepeda

Asyik, Jalur Khusus Sepeda di Palembang Sedikit Lagi Terealisasi!Sekda Palembang, Ratu Dewa gowes sepeda bersama OPD Pemkot (IDN Times/Humas Pemkot Palembang)

Dewa mengatakan, segala persiapan termasuk anggaran untuk pembangunan lokasi sudah masuk dalam diskusi dan rapat bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda).

"Selain itu ada pihak swasta yang siap membantu realisasi jalur khusus sepeda. Kita bagi anggarannya, ada dari swasta dan Pemkot, dilanjutkan pembangunan dari kementerian menggunakan APBN," katanya.

Baca Juga: Rute Khusus Sepeda Bakal Tersedia di Palembang, Komunitas: Hore!

2. Kemenhub bakal survei lokasi jalur sepeda

Asyik, Jalur Khusus Sepeda di Palembang Sedikit Lagi Terealisasi!Taman wisata Kambang Iwak Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Rencana jalur khusus pesepeda yang disepakati Wali Kota (Wako) Palembang, Harnojoyo, dimulai dari kawasan taman olahraga Kambang Iwak Family Park, Jalan POM IX, Angkatan 45, hingga ke daerah sekitar Jakabaring.

"Kemenhub menurunkan tim survei untuk membantu, titik-titik mana yang akan dibantu jalur sepeda," terang dia.

Sedangkan untuk pembagian jam jalur sepeda, sambung Dewa, sedang dibahas bersama komunitas. Ia berharap rencana ini berjalan optimal, sehingga tidak ada lagi komplain dari berbagai pihak termasuk penegakan rambu-rambu lalu lintas.

Baca Juga: Mengurai Sejarah Sepeda Onthel, Sepeda Antik Paling Kece Sejak 1950

3. Sebut Palembang layak punya jalur khusus sepeda

Asyik, Jalur Khusus Sepeda di Palembang Sedikit Lagi Terealisasi!Sekda Palembang, Ratu Dewa gowes sepeda bersama OPD Pemkot (IDN Times/Humas Pemkot Palembang)

Dewa melanjutkan, setelah realisasi jalur sepeda selesai, pihaknya akan rutin gowes bersama para komunitas untuk mendukung gerakan mengendarai sepeda, agar dapat mengakomodir perkumpulan komunitas di Palembang.

"Biar ada sarana, kami berusaha memfasilitasi dan mencari fasilitator. Palembang layak punya jalur sepeda, apalagi sejumlah orang mengendarai sepeda," tandas dia.

Baca Juga: Alasan di Balik Mahalnya Sepeda Brompton, Benarkah Ulah Spekulan?

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya