Anggaran Perbaikan Lampu Jalan Palembang Mencapai Rp6,2 Miliar

Namun anggaran tersebut belum mengatasi seluruh lampu mati

Palembang, IDN Times - Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan (Perkimtan) Palembang, mendapat alokasi anggaran pemeliharaan lampu dan pengembangan jaringan pada 2022 sebesar Rp6,2 miliar.

"Anggaran pemeliharaan lampu jalan sebesar Rp3,5 Miliar dan pengembangan jaringan Rp2,7 miliar," ujar Kepala Dinas Perkimtan Palembang, Affan Prapanca Mahalli, Kamis (26/2/2022).

1. Belum dapat mengatasi kerusakan lampu

Anggaran Perbaikan Lampu Jalan Palembang Mencapai Rp6,2 MiliarIlustrasi Infrastruktur Jalan Kota (IDN Times/Arief Rahmat)

Meski mendapat anggaran pemeliharaan dan pengembangaan lampu jalan dengan nilai cukup tinggi, namun ternyata angka itu belum dapat mengatasi persoalan lampu mati di Palembang.

"Memang anggaran ini masih kurang dalam mengatasi persoalan di 51 ribu titik lampu jalan di Sumsel, terutama untuk Palembang," kata dia.

Baca Juga: Disdik Palembang Umumkan PTM 100 Persen Mulai Tahun Ini

2. Mulai memperbaiki lampu jalan di beberapa wilayah

Anggaran Perbaikan Lampu Jalan Palembang Mencapai Rp6,2 MiliarKepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman, Affan Prapanca (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Affan mengakui, masih banyak warga Palembang yang mengeluhkan lampu jalan rusak atau padam di beberapa wilayah, terutama di Kawasan Jakabaring dan Soekarno Hatta.

"Kami sudah mulai memperbaiki di beberapa titik lampu jalan. Karena anggaran yang terbatas, maka kami mendahulukan lampu jalan yang paling penting," timpalnya.

3. Anggaran ideal perbaikan lampu jalan mencapai Rp30 miliar

Anggaran Perbaikan Lampu Jalan Palembang Mencapai Rp6,2 MiliarIlustrasi Anggaran. (IDN Times/Aditya Pratama)

Perkimtan Palembang mencatat, baru sebanyak 11 ribu lampu menggunakan LED sedangkan sisanya menggunakan lampu yang lama.

"Idealnya untuk memperbaiki semua lampu jalan yang ada di Palembang membutuhkan anggaran sebesar Rp 30 miliar," ungkap dia.

4. Sudah siapkan kabel lampu jalan senilai Rp36 juta

Anggaran Perbaikan Lampu Jalan Palembang Mencapai Rp6,2 Miliarilustrasi anggaran ekonomi (IDN Times)

Pihaknya juga memperbaiki lampu jalan di sepanjang jalur LRT. Bahkan dalam waktu dekat, pihaknya akan berkoordinasi dan memohon dukungan material ke Kementerian Perhubungan.

"Kami sudah membeli kabel sepanjang 800 meter atau sekitar Rp36 juta untuk perbaikan lampu. Kami masih survei ke lapangan dan melihat ada berapa banyak lampu rusak berat atau ringan," tandas dia.

Baca Juga: Ini Alasan Kejati Sumsel Tuntut Alex Noerdin 20 Tahun Penjara

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya