Comscore Tracker

1 Orang di Palembang Hasilkan Sampah 0,7 Kilogram Sehari

DLHK Palembang membutuhkan tambahan hingga 160 unit armada

Palembang, IDN Times - Dinas Lingkungan Hidup Kota (DLHK) Palembang mencatat jumlah sampah harian yang dihasilkan satu orang mencapai 0,7 kilogram. Sampah yang paling dominan yang dihasilkan itu merupakan anorganik.

"Satu orang di Palembang bisa menghasilkan sampah hampir satu kilo per hari. Sampah ini kemudian diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA)," ujar Kepala DLHK Palembang, Alex Fernandus, Rabu (9/6/2021).

1. Palembang memproduksi sampah 1.200 ton setiap hari

1 Orang di Palembang Hasilkan Sampah 0,7 Kilogram SehariKepala DLHK Palembang, Alex Fernandus (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Hasil dari sampah harian per satu orang tersebut jika dikumpulkan mencapai 1.200 ton. DLHK Palembang perlu tambahan banyak armada untuk mengakomodir sampah itu.

"Untuk mengantisipasi penumpukan sampah ini, kami butuh armada sekitar 240 unit. Namun kami hanya ada armada 121 unit," kata dia.

Baca Juga: DLHK Palembang Akui Bakal Kesulitan Angkut Sampah di Musim Hujan

2. Tiap unit armada mampu angkut enam ton sampah per hari

1 Orang di Palembang Hasilkan Sampah 0,7 Kilogram SehariSampah yang berserakan di Jembatan Ampera (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Kendati sudah memiliki setengah armada dari jumlah yang dibutuhkan, namun Alex mengaku 60 persen jumlah unit tersebut di antaranya sudah tidak layak.

"Artinya, DLHK masih kekurangan armada sekitar 160 unit. Tapi untuk pengangkutan sampah ini terbantu karena adanya pihak ketiga. Armada DLHK sendiri satu hari bisa mengangkut enam ton sampah per hari," jelasnya.

3. Pembangunan TPS terkendala lahan dan anggaran

1 Orang di Palembang Hasilkan Sampah 0,7 Kilogram SehariSampah yang berserakan di Jembatan Ampera (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Menyoal pembangunan Tempat Pembuangan Sementara (TPS), pihaknya masih harus melihat kondisi di lapangan mengingat lokasi TPS tidak boleh sembarangan dibangun.

"Harus sesuai dengan keperluan di lapangan. Selain itu terkendala anggaran dan lahan, sehingga untuk sementara waktu langsung diangkut ke TPA Sukawinatan," tandas dia.

Baca Juga: 10 Potret Tong Sampah Ini Unik dan Bikin Ngakak 

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya