Kemenkominfo-Siberkreasi Gelar Literasi Digital Influencer Marketing

Kemenkominfo dorong peningkatan pengetahuan literasi digital

Palembang, IDN Times - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi, menggelar webinar "Indonesia Makin Cakap Digital 2022", Jumat (14/20/2022) besok pukul 08.00-10.00 WIB.

Lanjutan kegiatan webinar #MakinCakapDigital2022 untuk komunitas dan masyarakat Sumatra, mengusup tema “Konsep Bisnis Digital: Influencer Marketing" untuk meningkatkan literasi digital bagi masyarakat.

"Program ini bertujuan untuk membangun wawasan dan pengetahuan terkait literasi digital dalam bentuk webinar, talkshow dalam format hybrid," ujar Dirjen Aptika Kemenkominfo, Samuel Abrijani Pangerapan kepada IDN Times melalui rilis, Kamis (13/10/2022).

Baca Juga: Budaya Digital Membaik, Indeks Literasi Digital Indonesia Naik

1. Pandemik mendorong aktivitas digital masyarakat

Kemenkominfo-Siberkreasi Gelar Literasi Digital Influencer MarketingLiterasi Digital Influencer Marketing. (Foto: Kemenkominfo)

Samuel menerangkan, kegiatan tersebut sebagai event spesial penunjang kegiatan literasi digital dengan target penduduk di wilayah Sumatra dan sekitarnya, khususnya di segmen kelompok masyarakat atau komunitas.

"Pesatnya perkembangan teknologi yang terpacu akibat pandemik COVID-19, telah mendorong kita untuk berinteraksi dan beraktivitas di ruang digital. Kehadiran teknologi digital sebagai bagian dari kehidupan bermasyarakat ini mempertegas kita sedang berada di masa percepatan transformasi digital," ujarnya.

Baca Juga: Guru dan Murid di Sumsel Dapat Materi Literasi dan Keamanan Digital 

2. Literasi digital masyarakat alami peningkatan

Kemenkominfo-Siberkreasi Gelar Literasi Digital Influencer MarketingLiterasi Digital Influencer Marketing. (Foto: Kemenkominfo)

Percepatan penggunaan teknologi katanya, perlu diimbangi dengan peningkatan kapasitas literasi digital yang mumpuni. Masyarakat nantinya diharapkan bisa memanfaatkan teknologi digital dengan tepat guna.

“Survey nasional oleh Kemenkominfo bersama Kata Data pada 2021 menunjukkan indeks literasi digital masyarakat Indonesia berada pada level SEDANG, dengan skor 3.49 yang dihitung berdasarkan skor indeks 4 (empat) pilar literasi digital," sebutnya.

Samuel menjelaskan, skor indeks empat pilar literasi digital dihitung berdasarkan kecakapan digital, etika, budaya, dan keamanan digital. Menurutnya, skor indeks literasi digital ini merupakan suatu peningkatan.

"Jika dibandingkan dengan kondisi serupa pada 2020 yang menunjukkan skor 3,46, maka angka ini meningkat. Kemenkominfo akan terus meningkatkan pencapaian tersebut dengan menyasar kelompok-kelompok strategis di masyarakat,” imbuhnya.

3. Literasi digital disiarkan ke berbagai platform

Kemenkominfo-Siberkreasi Gelar Literasi Digital Influencer MarketingLiterasi Digital Influencer Marketing. (Foto: Kemenkominfo)

Webinar besok menghadirkan Fajria Fatmasari sebagai Kepala Inkubator Bisnis Politeknik APP Jakarta & Praktisi Literasi Digital, Pradipta Nugrahanto sebagai CEO & Co-Founder Paberik Soeara Rakjat, Tio Prasetyo dari Indonesia Market Editor for FIFA+ serta Praktisi Literasi Digital sebagai narasumber.

Kegiatan webinar akan dilakukan dan disiarkan menggunakan platform Zoom Meeting yang menyasar kelompok masyarakat atau komunitas. Kemenkominfo pun memberi kesempatan bagi masyarakat umum untuk mengikuti webinar, dengan pendaftaran melalui tautan bit.ly/PendaftaranSumatra24972.

Informasi lebih lanjut mengenai program #MakinCakapDigital dapat diakses masyarakat melalui Media Literasi Digital Kominfo di situs info.literasidigital.id atau event.literasidigital.id.

Begitu juga di kanal Instagram @literasidigitalkominfo, Facebook Page Literasi Digital Kominfo. Atau media sosial Siberkreasi di Instagram, Facebook Page, Twitter, TikTok, dan Youtube Siberkreasi.

Baca Juga: Manfaat Literasi Digital, Mulai dari Etika hingga Hindari Penipuan

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya