Literasi Digital Naik, Kemenkominfo Gelar Webinar 'Hobi Jadi Bisnis'

Semua komunitas dan masyarakat bisa ikut, gratis!

Palembang, IDN Times - Pesatnya perkembangan teknologi yang semakin terpacu akibat pandemik COVID-19, telah mendorong masyarakat untuk berinteraksi dan beraktivitas di ruang digital.

Kemenkominfo berkolaborasi dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi, menggelar webinar melalui program “Indonesia Makin Cakap Digital 2022”. Program yang dilaksanakan untuk membangun wawasan dan pengetahuan terkait literasi digital, mengangkat tema 'Tips Dunia Digital: Mengubah Hobi Menjadi Bisnis' pada Sabtu (12/11/2022) pukul 13.00-15.00 WIB

Baca Juga: Kemenkominfo-Siberkreasi Ajak Warga OKI Belajar Investasi Online

1. Literasi digital masyarakat naik

Literasi Digital Naik, Kemenkominfo Gelar Webinar 'Hobi Jadi Bisnis'Literasi Digital Influencer Marketing. (Ilustrasi: Kemenkominfo)

Kehadiran teknologi digital sebagai bagian dari kehidupan bermasyarakat ini lah yang mempertegas masa percepatan transformasi digital. Percepatan penggunaan teknologi ini perlu diimbangi dengan peningkatan kapasitas literasi digital yang mumpuni agar masyarakat dapat memanfaatkan teknologi digital dengan tepat guna.
 
“Survei nasional oleh Kemenkominfo bersama Kata Data pada 2021 menunjukkan indeks literasi digital masyarakat Indonesia berada pada level SEDANG, dengan skor 3.49 yang dihitung berdasarkan skor indeks empat pilar literasi digital," ujar Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Dirjen Aptika) Kemenkominfo, Samuel Abrijani Pangerapan, melalui rilis yang diterima IDN Times, Jumat (11/11/2022).

Baca Juga: Kemenkominfo-Siberkreasi Gelar Literasi Digital Influencer Marketing

2. Kemenkominfo sasar kelompok strategis masyarakat

Literasi Digital Naik, Kemenkominfo Gelar Webinar 'Hobi Jadi Bisnis'Literasi Digital kolaborasi Kemenkominfo dan Siberkreasi. (Ilustrasi: Kemenkominfo)

Samuel menjelaskan, indeks empat pilar literasi digital yang dimaksud adalah kecakapan digital, etika, budaya, dan keamanan digital. Kenaikan skor indeks literasi digital meningkat jika dibandingkan dengan kondisi serupa pada 2020 lalu, karena skor menunjukkan angka 3,46.

"Kemenkominfo akan terus meningkatkan pencapaian tersebut dengan menyasar kelompok-kelompok strategis di masyarakat,” katanya.

3. Masyarakat dan komunitas bisa bergabung gratis

Literasi Digital Naik, Kemenkominfo Gelar Webinar 'Hobi Jadi Bisnis'Literasi Digital Influencer Marketing. (Foto: Kemenkominfo)

Program “Indonesia Makin Cakap Digital 2022” disiarkan menggunakan platform Zoom Meeting. Kemenkominfo dan Siberkreasi mengajak anggota kelompok masyarakat atau komunitas untuk mendaftarkan melalui tautan bit.ly/PendaftaranSumatra25309.

Informasi lebih lanjut mengenai program #MakinCakapDigital dapat diakses masyarakat melalui Media Literasi Digital Kominfo di situs info.literasidigital.id atau event.literasidigital.id.

Begitu juga di kanal Instagram @literasidigitalkominfo, Facebook Page Literasi Digital Kominfo. Atau media sosial Siberkreasi di Instagram, Facebook Page, Twitter, TikTok, dan Youtube Siberkreasi.

Baca Juga: Guru dan Murid di Sumsel Dapat Materi Literasi dan Keamanan Digital 

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya