Sandiaga Uno Dorong 3 Desa Wisata Buka Lapangan Kerja Baru

Kota Padang dinilai punya potensi Desa Wisata luar biasa

Padang, IDN Times - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, mendorong tiga desa wisata di Sumatra Barat (Sumbar) penerima bantuan dana dukungan Pengembangan Usaha Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (DPUP) bisa membuka lapangan kerja baru.

Menurut Sandi, ketiga desa wisata di Sumbar yang telah lolos kurasi dan mendapatkan bantuan dana yakni Desa Kampuang Minang Nagari Sumpu, Kabupaten Tanah Datar, Desa Saribu Gonjong Kabupaten Lima Puluh Kota, dan Desa Sungai Batang Kabupaten Agam.

"Selamat kepada ketiga desa wisata ini karena, telah berhasil mendapatkan dana DPUP," kata Sandiaga melalui siaran pers kepada IDN Times, Senin (11/9/2023).

Baca Juga: Istri Sandiaga Uno Kasih Motivasi ke Pengusaha Perempuan di Sumbar

1. Kota Padang punya potensi luar biasa

Sandiaga Uno Dorong 3 Desa Wisata Buka Lapangan Kerja Baruhttps://wisatasumatera.com

Selain ketiga desa wisata itu, Menteri Sandi menilai kota Padang memiliki potensi desa wisata yang begitu luar biasa. Ada 21 desa wisata di Kota Padang, salah satunya Desa Siti Nurbaya yang telah masuk dalam jejaring desa wisata dengan kategori desa wisata rintisan.

"Kita mendorong Pemrov Sumbar bersama Pemko Padang mengembangkan potensi dan sumber daya desa wisatanya, sehingga dapat berpartisipasi dalam program Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) dan program DPUP," ujar Sandi.

Baca Juga: 7 Potret Puteri Indonesia di Malam Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023

2. Bantuan dicairkan ke rekening bumdes

Sandiaga Uno Dorong 3 Desa Wisata Buka Lapangan Kerja Baruilustrasi rekening (IDN Times/Aditya Pratama)

Sandi bilang, dana bantuan untuk tiga desa wisata itu akan dicairkan langsung ke rekening Bumdes atau Pemerintah Desa terkait. Selanjutnya, dana tersebut bisa segera dimanfaatkan untuk pengadaan peralatan pendukung usaha di bidang atraksi wisata, Kuliner, fesyen, dan kriya.

“Kemenparekraf sangat mengapresiasi upaya Pemprov mengembangkan potensi Parekraf salah satunya melalui desa wisata. Kami berharap program DPUP bisa secara nyata memberikan manfaat bagi pengembangan usaha bidang Parekraf desa wisata, dan mempercepat pertumbuhan dan kebangkitan ekonomi secara berkelanjutan," ujar Sandi.

3. Terapkan unsur 3A

Sandiaga meminta kepada ketiga desa wisata yang mendapatkan dana DPUP ini menerapkan unsur 3A yakni aksesibilitas, amenitas, dan atraksi agar bisa berkembang semakin baik.

Aksesibilitas kata Sandi, kekuasaan pemerintah untuk membangun secara cepat seperti infrastruktur menuju desa-desa wisata.

Lalu amenitas, homestay-homestay mesti dibangun, salah satunya dengan DPUP itu. Berikutnya adalah atraksi. Dalam artian, menciptakan event-event, kalau bisa per minggu, per bulan ada event di desa-desa wisata yang ada di Padang.

"Selain 3A juga perlu diperhatikan dalam membangun sebuah destinasi wisata, para pelaku parekraf juga harus memegang kunci untuk terus bertahan yaitu konsep 3SI (Inovasi, Adaptasi, dan Kolaborasi). Targetnya membuka 4,4 juta lapangan kerja," tutup Sandiaga.

 

Baca Juga: RUU Desa Disahkan Jadi Inisiatif DPR, PDIP: Perjuangan Kepala Desa

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya