Comscore Tracker

Wako Palembang Bagikan Tips Agar Rumah Aman Saat Mudik Lebaran 

Peran tetangga dan RT dibutuhkan untuk menjaga keamanan

Bagi sejumlah orang, libur lebaran Idul Fitri menjadi momen terbaik untuk pulang kampung dan bercengkerama bersama keluarga di kampung halaman.

Namun tak jarang, sebagian masyarakat yang mudik justru lupa memastikan keamanan rumahnya sehingga timbul yang tak diinginkan.

1. Jangan lupa mengunci rumah saat mudik lebaran

Wako Palembang Bagikan Tips Agar Rumah Aman Saat Mudik Lebaran Ilustrasi Moda Transportasi. (IDN Times/Mardya Shakti)

Melihat fenomena itu, Wali Kota (Wako) Palembang, Harnojoyo, mengingatkan warga berhati-hati dan berbagi tips mudik aman saat bepergian jauh dari tempat tinggal.

"Yang harus diperhatikan adalah mengunci rumah dengan baik, karena aktivitas mudik lebaran tahun ini meningkat," kata dia, Kamis (28/4/2022).

Baca Juga: Ibu Hamil 3 Bulan di Palembang Menggondol Isi Warung Indekos

2. Antisipasi saat rumah ditinggal

Wako Palembang Bagikan Tips Agar Rumah Aman Saat Mudik Lebaran Wali Kota Palembang, Harnojoyo (IDN Times/Humas Pemkot Palembang)

Masyarakat yang ingin mudik wajib melaporkan diri kepada RT atau kelurahan setempat demi keamanan dan kenyamanan bersama.

"Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya pencurian ketika rumah ditinggal," timpalnya.

3. Minta keluarga dan tetangga terdekat memeriksa secara berkala

Wako Palembang Bagikan Tips Agar Rumah Aman Saat Mudik Lebaran Ilustrasi Roadtrip (Mudik) (IDN Times/Mardya Shakti)

Apabila perlu, lebih baik saat rumah kosong diberitahukan kepada warga sekitar atau keluarga dekat agar mengawasi dan mengecek rumah yang ditinggal secara berkala.

"Jika perlu titipkan pada tetangga untuk mengecek keadaan rumah," ujarnya.

4. Ingatkan pemudik untuk hati-hati di jalan

Wako Palembang Bagikan Tips Agar Rumah Aman Saat Mudik Lebaran Ilustrasi arus mudik di jalan tol. (ANTARA FOTO/Aji Styawan)

Sebelum mudik, masyarakat juga harus memastikan keadaan rumah aman ditinggal mulai dari listrik sudah padam, air tidak lagi mengalir, kompor aman, dan sebagainya.

"Masyarakat juga penting berhati-hati di jalan. Selama arus mudik, tidak sedikit kecelakaan lalu lintas terjadi, baik kendaraan roda empat atau roda dua," tandas dia.

Baca Juga: Cari Makan Sahur, Satpam di Palembang Diserang 30 Orang

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya