Comscore Tracker

Dorong Pemulihan Ekonomi, BRI Berikan Edukasi Sasar UMKM di Palembang 

Ada 120 UMKM binaan BRI ramaikan Pesta Rakyat Simpedes

Palembang, IDN Times - PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) mendorong pemulihan ekonomi pasca pandemik kepada para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Hal ini menjadi komitmen BRI untuk menciptakan pemulihan ekonomi berlandaskan ekonomi kerakyatan.

Beragam materi tentang UMKM diberikan untuk mengedukasi masyarakat khususnya para nasabah dan mitra BRI. Materi yang diberikan mencakup seluruh permasalahan UMKM.

"Kelas UMKM akan mengedukasi para pelaku UMKM dalam menjalankan usaha mereka. Adapun materi yang diberikan berupa teknik marketing hingga personal branding dan teknik pemasaran," kata Regional CEO Regional Office Palembang Wahyudi Darmawan, saat pembukaan Pesta Rakyat Simpedes di PTC Mall, Sabtu (17/9/2022).

1. Dorong nasabah pede berbisnis

Dorong Pemulihan Ekonomi, BRI Berikan Edukasi Sasar UMKM di Palembang kegiatan Pesta Rakyat Simpedes di PTC Mall Palembang (Dok: istimewa)

Menurut Wahyudi, kegiatan Pesta Rakyat Simpedes merupakan acara tahunan diselenggarakan BRI sejak 2008 silam. Kegiatan ini bertujuan mendorong masyarakat khususnya para nasabah untuk pede berbisnis, mengelola keuangan dan bekerja.

"Materi lainnya juga diberikan seperti edukasi seputar promosi bisnis, digital marketing, financial management, dan aspek legalitas UMKM," jelas dia.

2. BRI dorong digitalisasi transaksi lewat QRIS

Dorong Pemulihan Ekonomi, BRI Berikan Edukasi Sasar UMKM di Palembang Ilustrasi penggunaan QRIS (IDN Times/Dokumen Bank Indonesia)

BRI juga berkomitmen mendorong digitalisasi layanan bagi masyarakat untuk menghadirkan layanan berorientasi customer centric. Hal ini ditujukan untuk mengedukasi masyarakat dalam melakukan transaksi melalui penggunaan fitur pembayaran Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

Langkah digitalisasi ini diikuti oleh upaya BRI melakukan literasi dan pendampingan kepada para nasabah dan pelaku UMKM.

"Kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat dan pelaku UMKM terhadap layanan keuangan digital BRI seperti BRIMO dan QRIS BRI" jelas Wahyudi.

3. Ada banyak ragam kegiatan selama tiga hari

Dorong Pemulihan Ekonomi, BRI Berikan Edukasi Sasar UMKM di Palembang (Dok. BRI) 

Kegiatan Pesta Rakyat Simpedes ini diselenggarakan 16-18 September di PTC Mall Palembang dengan 6 Pilar, yaitu Pawai, Panggung, Pasar, Panen, Pojok X’sis, dan Peduli. BRI juga membuka pasar untuk 120 UMKM binaan BRI yang akan menampilkan berbagai macam produknya.

Beragam kegiatan edukasi dan hiburan akan ditampilkan dalam acara yang berlangsung selama tiga hari tersebut. Ada pun berbagai artis nasional hingga lokal akan digandeng untuk memeriahkan kegiatan.

"Kegiatan ini diharapkan menjadi titik balik kebangkitan ekonomi kerakyatan, khususnya bangkitnya sektor UMKM di Indonesia," kata dia.

Baca Juga: BRI Selenggarakan “BRI Travel Fair 2022”

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya