Comscore Tracker

Jumlah Penumpang Pesawat dari Palembang Naik Hingga 80 Persen

Mulai stabil pasca kebijakan larangan mudik selesai

Palembang, IDN Times - Jumlah penerbangan termasuk rute perjalanan maskapai di Palembang mulai pulih dan berangsur ramai. Bila dibandingkan momen puasa dan lebaran, penumpang pesawat perlahan melonjak pasca kebijakan larangan mudik dari pemerintah selesai.

"Secara nasional larangan mudik berakhir 17 Mei, per 18 Mei pintu penerbangan baru dibuka. Setelah itu, pemesanan tiket kami sempat naik hingga 80 persen dan penumpang juga terisi 80 persen dari kapasitas pesawat 189 orang," ujar Manager Distrik Sriwijaya Air Palembang, Yudo Prihatin, Senin (31/5/2021).

1. Jelang akhir Mei, minat penumpang kembali turun 30 persen

Jumlah Penumpang Pesawat dari Palembang Naik Hingga 80 PersenSituasi di Stasiun LRT Bandara SMB II Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Meski sempat melonjak, tingginya aktivitas penerbangan tidak bertahan lama. Sebab jelang akhir Mei, mobilitas maskapai kembali turun. Hal tersebut turut dipengaruhi minat berwisata masyarakat mulai rendah.

"Turun lagi sekitar 30 persen dari lonjakan 80 persen sebelumnya. Mungkin dipengaruhi tempat wisata banyak yang tutup dan PPKM secara nasional juga diperpanjang, jadi orang tidak mau keluar," kata dia.

Baca Juga: Viral Hasil Antigen Berbeda, Bandara SMB II Akui Kesalahan Sistem  

2. Penerbangan dominan masih ke wilayah Pulau Jawa

Jumlah Penumpang Pesawat dari Palembang Naik Hingga 80 PersenSituasi di Bandara SMB II Palembang (IDN Times/Istimewa)

Berdasarkan data Sriwijaya Air, aktivitas penumpang dan kargo maskapai Distrik Palembang paling banyak melakukan penerbangan ke Pulau Jawa, meski ada juga yang melakukan perjalanan ke wilayah Indonesia bagian utara dan Papua.

"Circle dominan (mobilitas penerbangan) tetap di Jawa dan ada juga yang ke Papua. Tapi biasanya kargo barang kalau ke sana (Papua), kalau penumpang tidak," timpalnya.

3. Rute penerbangan paling banyak ke Jakarta

Jumlah Penumpang Pesawat dari Palembang Naik Hingga 80 PersenBandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) 2 Palembang. (IDN Times/ Deryardli Tiarhendi)

General Manager Garuda Indonesia wilayah Palembang, Meisye P Tambunan menambahkan, penerbangan dalam satu minggu masih bisa terkendali dengan mobilitas yang stabil.

"Rata-rata penerbangan yang dilakukan dari Palembang lebih banyak tujuan ke Jakarta, bisa sehari 2-3 kali rute dengan isian 75 hingga 90 penumpang," tambah dia.

4. Garuda Indonesia buka rute penerbangan baru

Jumlah Penumpang Pesawat dari Palembang Naik Hingga 80 PersenBandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) 2 Palembang. (IDN Times/ Deryardli Tiarhendi)

Melihat kondisi penerbangan berangsur pulih, Garuda Indonesia memutuskan membuka rute penerbangan baru dari Palembang. Yakni perjalanan menuju Padang dan Medan secara langsung pada 2 Juni 2021.

"Pembukaan rute baru ini untuk memberi banyak pilihan kepada penumpang, serta memperkuat potensi ekonomi dan wisata antar wilayah," tandas dia.

Baca Juga: Kesulitan Keuangan, Sriwijaya Air Tawarkan Karyawan Resign

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya