Warga Sekayu Antusias Berburu Takjil dan Lauk di Pasar Bedug

Dua tahun absen, Muba kembali menggelar Pasar Bedug

Musi Banyuasin, IDN Times - Setelah dua tahun Kota Sekayu tanpa Pasar Bedug sejak pandemik, namun Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) kembali membuka Pasar Bedug saat Ramadan kali ini oleh Wakil Ketua I TP PKK Muba, Susy Imelda Beni. 

Pasar yang menjual berbagai macam menu berbuka puasa dipusatkan di halaman parkir Eks Penjara depan Gedung DWP Sekayu, Senin (4/4/2022). Tampak warga antusias membanjiri pusat jajanan dan kuliner bulan puasa sejak hari pertama Ramadan.

Aneka takjil dan minuman segar pun tampak menggoda selera. Tak ketinggalan kuliner khas Sumsel seperti aneka pempek, laksan, tekwan, hingga pindang, laris manis dibeli warga. Selain menu takjil, penjual juga menjajakan aneka lauk-pauk berbuka puasa.

1. Beri kemudahan masyarakat muslim untuk berbuka

Warga Sekayu Antusias Berburu Takjil dan Lauk di Pasar Bedug( Wakil Ketua I TP PKK Kabupaten Muba Susy Imelda Beni saat berbelanja di Pasar Bedug Sekayu, Senin (4/04/2022).) IDN Times/Istimewa

Susi mengatakan, Pasar Bedug Ramadan 1443 H tahun 2022 ini merupakan kegiatan untuk menyambut datangnya bulan suci. Sekaligus memberikan peluang kepada masyarakat untuk membantu masyarakat lainnya, khususnya masyarakat muslim di kota Sekayu yang menjalankan ibadah puasa.

"Selain itu memberi kemudahan bagi masyarakat muslim untuk mendapatkan kebutuhan selama menjalankan ibadah. Kegiatan Pasar Bedug ini juga diharapkan dapat memberi manfaat kepada para pedagang makanan yang berpartisipasi sehingga memperoleh penghasilan tambahan," ucap Susy.

Baca Juga: Lokasi Pasar Murah Ramadan di Palembang Sampai 28 April 2022

2. Pedagang diimbau menjaga kualitas makanan dan minuman

Warga Sekayu Antusias Berburu Takjil dan Lauk di Pasar Bedug( Pembukaan resmi pasar bedug di kecamatan Sekayu) IDN Times/Istimewa

Plt Bupati Muba, Beni Hernedi diwakili Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Muba, Yudi Herzandi, mengatakan kegiatan ini akan menjadi upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui usaha ekonomi kerakyatan untuk mewujudkan Muba Maju Berjaya. 

"Kami menghimbau pedagang di Pasar Ramadan untuk menjaga kualitas dagangannya, baik menyangkut kebersihan, keamanan penggunaan bahan, standar gizi, serta terjamin higienisnya," terang Yudi.

Ia juga menghimbau agar pedagang tak menjual jenis makanan yang sudah kedaluwarsa atau menggandung bahan berbahaya seperti boraks dan formalin.

3. Ada 60 pedagang ramaikan Pasar bedug

Warga Sekayu Antusias Berburu Takjil dan Lauk di Pasar Bedug(Wakil Ketua I TP PKK Kabupaten Muba Susy Imelda Beni saat berbelanja di Pasar Bedug Sekayu, Senin (4/04/2022). IDN Times/Istimewa

Menurut laporan Kepala Dinas Disdagprind Muba, Azizah, Pasar Bedug 1443 H Tahun 2022 bertujuan untuk membantu pedagang menjual makanan dan minuman siap saji untuk mendapatkan nilai tambah penghasilan di bulan puasa.

"Jenis barang dagangan beraneka ragam makanan seperti kue-kue, lauk-pauk, dan buah-buahan segar. Pasar Bedug dilakukan oleh para pedagang, organisasi kemasyarakatan DWP, PKK, Bhayangkari, dan lainnya berjumlah 60 orang pedagang, dengan fasilitas yang disediakan berupa tenda, meja, kursi, dan perlengkapan lainnya gratis," tutupnya.

Baca Juga: Kartu Kuning Minat Baca Anak; Godaan Gadget dan Perjuangan Literasi

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya