Warga Pagar Alam Panik, Beruang Masuk Kampung jadi Tamu Hajatan

Warga akhirnya tembak mati beruang dan langsung kubur

Pagar Alam, IDN Times - Seekor beruang liar dewasa membuat heboh sebab masuk ke pemukiman warga di tiga desa yaitu Dusun Baru, Gunung Sari dan Gunung Gendang Kelurahan Alun Dua Kecamatan Pagar Alam Utara Kota Pagar Alam, Sumsel.

Kemunculan hewan tersebut sudah meneror warga sejak Jumat (30/6/2023) dan puncaknya langsung dibunuh warga pada hari yang sama saat siang hari ketika beruang muncul di pesta hajatan salah satu warga Desa Gunung Gendang yang sedang.

Baca Juga: Terlibat Prostitusi Online, Remaja jadi Muncikari Ditangkap

1. Warga khawatir beruang membahayakan

Warga Pagar Alam Panik, Beruang Masuk Kampung jadi Tamu HajatanInstagram.com/bsbcc

Camat Pagar Alam Utara, Ari Arianda Rohib mengatakan, warganya terpaksa menghadang dengan tindakan hingga mengakibatkan beruang tersebut mati. Pasalnya, hewan tersebut sudah masuk ke permukiman padat penduduk.

“Beruang itu masuk ke pemukiman warga yang saat itu sedang ada hajatan. Karena masyarakat sekitar khawatir beruang tersebut melukai warga sehingga memakan korban terpaksa warga mengambil tindakan tegas,” ujarnya.

2. Warga berupaya mengusir beruang sebelum akhirnya dibunuh

Warga Pagar Alam Panik, Beruang Masuk Kampung jadi Tamu Hajatanwikipedia

Ditambahkan camat, sebelum masuk ke permukiman warga Gunung Gendang, beruang tersebut sempat menghebohkan warga Gunung Sari dan Dusun Baru. Warga berusaha mengusirnya agar tidak masuk ke pemukiman.

“Sudah kita usir, namun bukannya pergi menjauh dari permukiman beruang tersebut malah masuk ke pemukiman padat penduduk yang tidak jauh dari lokasi pertama dilihat warga,” jelasnya.

Sebelum sempat masuk ke permukiman warga, pihak Kecamatan sudah menghubungi pihak BKSDA sekitar pukul 09.30 WIB. Namun belum ada petugas BKSDA yang datang.

“Tepat pukul 12.00 beruang tersebut masuk permukiman warga dan akhirnya mati. Petugas BKSDA baru tiba setelah beruang tersebut dikubur oleh warga,” ungkapnya.

3. Polisi sempat temukan jejak beruang usai terima laporan

Warga Pagar Alam Panik, Beruang Masuk Kampung jadi Tamu HajatanBerbagai Sumber

Kapolsek Pagar Alam Utara Iptu Ramsi menuturkan, sekira pukul 06.30 WIB pihaknya mendapat laporan kemunculan seekor beruang.

Personel Polsek Pagar Alam Utara langsung berkoordinasi dengan pihak terkait seperti BKSDA serta Damkar kota Pagar Alam mengerahkan tim ke lapangan untuk mengecek keberadaan beruang yang meresahkan tersebut.

"Saat itu beruangnya belum berhasil kita amankan. Kita hanya melihat jejak dan mengumpulkan bukti-bukti keberadaannya. Seperti bekas cakaran dan tapak kaki," ujarnya.

Menurutnya, sejak kemunculan beruang tersebut, setidaknya sudah membuat warga takut untuk beraktivitas. Pihaknya juga sempat mengimbau agar warga lebih berhati-hati jika suatu saat bertemu dengan beruang tersebut.

"Kami tidak memiliki jebakan khusus, yang punya BKSDA yang sedang dalam perjalanan menuju lokasi penemuan hewan beruang tersebut. Sehingga tim masih berkoordinasi dengan BKSDA karena ini hewan dilindungi, tidak boleh disakiti atau diburu. Namun sudah dapat kabar mati saat acara hajatan warga," ucapnya.

Baca Juga: Jakabaring Ditunjuk Gelar Hajatan AFF Womans Cup U-19

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya