Puluhan Pembalap Sepeda Pra PON XII Tabrakan Beruntun Jelang Finish

Peseeda saling bersenggolan dan terjatuh serta tabrak pickup

Lubuk Linggau, IDN Times - Puluhan atlet sepeda Pra Pekan Olahraga Nasional (Pra PON) XII kota Lubuk Linggau mengalami insiden kecelakaan saat menjelang garis finish di Jalan Ahmad Yani, Kelurahan Megang, Kecamatan Lubuk Linggau, Jumat (25/8/2023).

Tabrakan beruntun tersebut terekam dalam video berdurasi 25 detik, terlihat para pembalap sedang melaju dengan lancar dan dikawal mobil polisi dari Polres Kota Lubuk Linggau.

Namun ketika sampai di persimpangan Jalan Rambutan, puluhan pembalap bersenggolan dan terjatuh hingga beruntun. Setelah terjatuh, beberapa para pembalap menabrak mobil pick up membawa tabung gas elpiji yang terparkir.

Baca Juga: Pelaku Begal Pengincar Sopir Ojol di Palembang Didor Timah Panas

1. Pembalap saling adu cepat namun terjadi kecelakaan

Puluhan Pembalap Sepeda Pra PON XII Tabrakan Beruntun Jelang Finish(Beberapa atlet sepeda pra PON XII Lubuk Linggau saat mengalami kecelakaan jelang finish) IDN Times/istimewa

Belum ada informasi pasti mengenai jumlah atlet yang menjadi korban dalam peristiwa tersebut. Terlihat di lokasi ada mobil ambulance yang membawa korban ke rumah sakit. Kasat Lantas Polres Lubuk Linggau, AKP Agus Gunawan, hanya membenarkan kejadian tersebut.

"Atlet Pra PON mengalami kecelakaan. Kejadiannya itu saat menjelang finish, para pembalap saling adu cepat untuk menjadi pemenang," ujar Agus saat dikonfirmasi, Minggu (27/8/2023).

Baca Juga: Anggota Polres PALI Diperiksa Propam Kasus Aniaya Kekasih

2. Beberapa atlet hanya mengalami luka ringan

Puluhan Pembalap Sepeda Pra PON XII Tabrakan Beruntun Jelang Finish(Beberapa atlet sepeda pra PON XII Lubuk Linggau saat mengalami kecelakaan jelang finish) IDN Times/istimewa

Agus menyebutkan, jumlah atlet yang terlibat insiden itu tidak terlalu banyak. Namun belum diketahui jumlahnya karena polisi masih menunggu konfirmasi dari panitia.

"Mereka saling berebut, saling ngegas, dan senggolan pun terjadi. Tidak pula terlalu sakit atau bagaimana, kemudian yang dibawa di ambulans tadi sudah dipastikan sehat semua karena luka ringan," ungkapnya.

3. Perlintasan harusnya selalu disterilkan

Puluhan Pembalap Sepeda Pra PON XII Tabrakan Beruntun Jelang Finishilustrasi balap sepeda (unsplash.com/Markus Spiske)

Saat disinggung tentang sterilisasi lintasan, Agus menegaskan bahwa setiap perlintasan yang akan dilalui oleh para pembalap selalu disterilkan oleh petugas keamanan.

"Kejadian ini menunjukkan pentingnya keselamatan dalam olahraga balap sepeda, dan perlunya koordinasi yang baik antara pembalap untuk menghindari insiden serupa di masa yang akan datang," tutupnya.

Baca Juga: Ancam Sebar Video Mesum, Pemuda Perkosa Remaja Hingga 10 Kali

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya