Comscore Tracker

Pengendara di OKU Selatan Terjebak Longsor Belasan Jam

Akses jalan OKU Selatan-Liwa Selatan lumpuh total

OKU Selatan, IDN Times - Musibah tanah longsor menghantam Desa Villa Kecamatan Warkuk Ranau Selatan, kKabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Senin (18/7/2022) malam. Akses jalan utama dan beberapa kendaraan terjebak saat peristiwa tersebut berlangsung.

Pusdalops-PB Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) OKU Selatan merilis longsor terjadi di tujuh titik pada pukul 22.00 WIB. Material longsor juga menghantam pemukiman warga, sedikitnya dua unit rumah rusak berat serta satu unit rumah rusak ringan karena bencana alam tersebut.

Baca Juga: Keluh Samuel Mengenang Yosua Sang Ajudan Jenderal Bintang Dua

1. Ketebalan tanah longsor mencapai 3 meter

Pengendara di OKU Selatan Terjebak Longsor Belasan Jam(Longsor yang menghantam Desa Villa Kecamatan Warkuk Ranau Selatan kabupaten OKU Selatan pada Senin malam) IDN Times/Istimewa

Kepala BPBD OKU Selatan, Koni Ramli mengatakan, terdapat 12 titik yang terdampak longsor pasca hujan lebat, tujuh titik di antaranya menimpa badan jalan dengan material tanah setebal 1-3 meter.

"Kejadian musibah tanah longsor kali ini menimpa dua warga yang sedang melintas dan dua unit rumah hunian warga di Desa Vila, Kecamatan Warkuk Ranau Selatan," ujarnya saat dikonfirmasi, Selasa (19/7/2022) kemarin.

Baca Juga: 4 Rumah Terdampak Tanah Longsor Akibat Hujan Deras di Sekayu

2. Longsor terjadi karena curah hujan tinggi

Pengendara di OKU Selatan Terjebak Longsor Belasan Jam(Longsor yang menghantam Desa Villa Kecamatan Warkuk Ranau Selatan kabupaten OKU Selatan pada Senin malam) IDN Times/Istimewa

Peristiwa tanah longsor diprediksi terjadi karena tingginya intensitas hujan di wilayah tersebut, sehingga mengakibatkan tanah tergerus. Akibatnya, akses jalan di lokasi musibah tanah longsor belum bisa dilalui oleh kendaraan roda empat, roda dua, maupun pejalan kaki. 

"Akses ke wilayah bencana lumpuh total. Untuk sementara korban yang mengalami luka ringan telah diungsikan ke rumah Kepala Desa setempat," jelasnya.

3. Akses jalan Ranau OKU Selatan-Liwa Lampung Barat lumpuh

Pengendara di OKU Selatan Terjebak Longsor Belasan Jam(Petugas gabungan saat mengevakuasi longsor yang menghantam Desa Villa Kecamatan Warkuk Ranau Selatan kabupaten OKU Selatan pada Senin malam) IDN Times/Istimewa

Dari laporan warga, akses Jalan Ranau OKU Selatan-Liwa di Lampung Barat masih lumpuh total selama belasan jam. Bahkan pengendara juga terjebak selama lebih dari 24 jam karena akses jalan utama ke Liwa Lampung Barat tak bisa dilalui.

Sedangkan untuk membersihkan material longsoran yang menutup badan jalan, Pemerintah Daerah melalui BPBD, Camat, Kepala Desa, bersinergi dengan TNI-Polri dibantu warga desa secara gotong royong membersihkan material.

"Saat ini para personel gabungan masih berupaya untuk melakukan evakuasi agar jalan dapat kembali dilalui oleh masyarakat," tutupnya.

Baca Juga: Sempat Tertimbun Longsor, Akses Bengkulu-Sumsel Beroperasi Lagi

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya