1.200 Paket Minyak Goreng Ludes dalam 5 Jam di Muba

Warga wajibkan menunjukkan KK agar bisa beli paket murah

Musi Banyuasin, IDN Times - Dinas Perdagangan dan Perindustrian Musi Banyuasin (Disdagperin Muba) menggelar Operasi Pasar (OP) khusus minyak goreng. Kali ini, OP digelar di halaman UD Pancaroba, Jalan Terminal Randik Sekayu, Rabu (23/2/2022).

Ratusan warga Sekayu memenuhi lokasi sejak pukul 07.00 WIB. Mereka berbondong-bondong sengaja datang ke salah satu distributor resmi minyak goreng, agar bisa membeli minyak goreng seharga Rp14 ribu per liter. Tak butuh waktu lama, karena 1.200 paket minyak goreng habis terjual dalam lima jam.

1. Sediakan 1.200 paket minyak goreng per hari

1.200 Paket Minyak Goreng Ludes dalam 5 Jam di Muba(Warga Sekayu saat berbondong-bondong membeli minyak goreng dalam OP Disdagperin Muba) IDN Times/Yuliani

Kepala Disdagperin Muba, Azizah mengatakan, OP tersebut digelar selama dua hari di kecamatan Sekayu pada dua lokasi berbeda.

"Untuk Kamis besok akan digelar di halaman Pasar Perjuangan Sekayu pada pukul 08.00 WIB," ujarnya.

Azizah menyebutkan, pihaknya menyediakan 1.200 paket minyak goreng dalam sehari dan dijual dengan harga yang sudah ditetapkan pemerintah.

"Jadi satu keluarga hanya dibatasi pembelian 2 liter per orang. Hal itu dibuktikan dengan membawa fotokopi KK ke lokasi OP," jelasnya.

Baca Juga: Polres Muba Ringkus 3 Pelaku Pemilik Senpi Ilegal dalam Sepekan

2. Syarat KK untuk distribusi yang merata

1.200 Paket Minyak Goreng Ludes dalam 5 Jam di Muba(Suasana OP Minyak Goreng Disdagperin Muba) IDN Times/Yuliani

Kartu Keluarga (KK) dijadikan syarat pembelian untuk meminimalisir kecurangan. Pemerintah tak ingin dalam satu keluarga membeli lebih dari dua paket minyak goreng. agar distribusi kepada semua warga lebih merata.

"Walau ramai namun kita tegaskan tetap mematuhi prokes dan wajib pakai masker. Jika sudah mendapat jatah untuk keluarganya, maka tidak boleh mengulang lagi sebab kita mau memberi jatah yang lain juga," ungkapnya.

Selain kecamatan Sekayu, pihaknya menargetkan akan menggelar OP di kecamatan lainnya di Muba.

"Kita mobile, jadi tidak hanya di satu kecamatan saja. Karena sudah ada jatah 4.8 ton setiap minggu untuk OP ini. Memang yang pertama ini di Sekayu dulu, setelah itu OP juga di kecamatan lain," terang Azizah.

Baca Juga: Minyak Goreng Langka, Gubernur Herman Deru Sentil Produsen Sawit 

3. Kejari Muba ingatkan oknum nakal

1.200 Paket Minyak Goreng Ludes dalam 5 Jam di MubaStok minyak goreng (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Menanggapi minyak goreng yang cukup langka, Kejaksaan Negeri (Kejari) Muba terus memantau keadaan ekonomi termasuk sembako dan khususnya minyak goreng.

"Saya sebagai Kasi Intelijen yang meliputi tugas kesehariannya adalah Ipoleksosbudhankam, akan terus memantau keadaan ekonomi termasuk sembako khususnya minyak goreng," ungkap Kasi Intel Kejari Muba, Abu Nawas.

Abu menambahkan, pihaknya mendukung program pemerintah untuk mengawasi dan memantau keadaan ekonomi di wilayah hukum, terutama wilayah hukum Muba.

"Banyak yang beredar bahwa langkanya minyak goreng ini karena ada oknum nakal yang sengaja menimbun sehingga stok berkurang di pasar. Apabila ada oknum atau mafia sengaja menimbun minyak goreng, maka kita siap membantu untuk ikut sidak dan mengamankan," tutupnya.

Baca Juga: Warga Palembang Panic Buying, Stok Minyak Goreng Kosong di Mal

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya