Viral Seorang Pria di Palembang Disekap, Kepalanya Ditutup Plastik

Korban diduga terlibat utang narkotika Rp9 juta

Palembang, IDN Times - Seorang buruh di Palembang, Sumatra Selatan (Sumsel) berinisial MA (18), dijadikan tawanan dan dibawa ke Desa Mulya Jaya Tulang Bawang Barat, Provinsi Lampung oleh tiga orang pelaku.

Dari sebuah video yang viral di media sosial, dirinya dibekap dan wajahnya ditutupi kantong kresek hitam. MA diancam akan dibunuh jika keluarga korban tak membayar utang Rp15 juta.

"Tim dari Polsek Ilir Barat II langsung bergerak melacak keberadaan korban. Tim yang mendapatkan lokasi bergerak ke Lampung untuk membebaskan korban. Kepada orangtua korban, pelaku mengancam akan membunuh sandera jika tidak mendapat uang tebusan," ujar Kapolsek IB II, Kompol M Ikhsan, Sabtu (20/2/2021). 

1. Korban akan dibebaskan jika keluarga menyerahkan uang

Viral Seorang Pria di Palembang Disekap, Kepalanya Ditutup PlastikIlustrasi Penculikan (Tawanan) (IDN Times/Mardya Shakti)

Tim Opsnal Reskrim Polsek IB II Palembang mengamankan istri salah satu pelaku berinisial NH (35). Ia disebut-sebut terlibat penculikan korban. Sedangkan tiga orang pelaku berinisial RI, BI, dan SI, masih dalam pengejaran.

Usaha penyelamatan oleh polisi berhasil. Namun ketiga pelaku belum tertangkap karena sedang tidak berada di tempat saat penggerebekan.

"Korban dibekap lalu matanya ditutup dengan lakban putih dan diikat oleh salah satu pelaku. Korban menjadi tawanan dan akan dibebaskan jika keluarga korban menyerahkan uang," jelas Ikhsan.

Baca Juga: Lokasi DPO Narkotika Lintas Pulau Terendus, Kejagung Turun Tangan

2. Polisi temukan fakta utang piutang narkotika

Viral Seorang Pria di Palembang Disekap, Kepalanya Ditutup PlastikIlustrasi Narkotika (IDN Times/Mardya Shakti)

Kasus ini diduga merupakan persoalan utang piutang. Dari penyelidikan awal, diketahui jika korban dijadikan jaminan oleh pamannya berinisial DP. Dari keterangan korban, pamannya DP memiliki utang Rp9 juta yang belum dibayarkan, sehingga membuat para pelaku nekat membawa korban agar sang paman segera membayar.

"Memang paman korban diduga utang narkoba dengan para pelaku sebesar Rp9 juta," jelas dia.

3. Korban diancam dibunuh saat pelaku video call minta tebusan

Viral Seorang Pria di Palembang Disekap, Kepalanya Ditutup PlastikIlustrasi Narkoba (IDN Times/Sukma Shakti)

Korban saat ini sudah berada di Polsek IB II. Ia mengatakan, dirinya tidak mengetahui permasalahan yang membelit paman dan para pelaku. Dirinya hanya mengetahui jika pamannya memiliki utang sebesar Rp9 juta. Namun, para pelaku memaksa orangtua korban membayar Rp15 juta.

"Saya tahu utangnya Rp9 juta, tetapi orangtua saya diancam membayar Rp15 juta. Mereka menunjukkan saya saat dibekap melalui video call," ujar dia.

4. Istri salah satu pelaku diamankan di Polsek IB II

Viral Seorang Pria di Palembang Disekap, Kepalanya Ditutup PlastikIlustrasi Penjara (IDN Times/Mardya Shakti)

Sedangkan NH yang diamankan di Polsek IB II mengatakan, tidak mengetahui masalah suaminya BI beserta pelaku lain. Ia hanya menerima korban untuk dijaga. NH menyebut jika korban ia urus seperti anak sendiri.

"Saya jaga dia layaknya anak, tidak diperlakukan kasar. Hanya dititipkan," kilahnya.

Baca Juga: Balita Korban Penculikan Ditinggal Pelaku di KM 11 Palembang

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya