Comscore Tracker

Sohe Positif COVID-19, Wawako dan Sekda Ambil Alih Lubuk Linggau

Wali Kota Positif COVID-19 Linggau Jadi zona merah

Palembang, IDN Times - Setelah menjalani isolasi di Rumah Sakit di Jakarta, Wali kota (Wako) Lubuk Linggau, SN Prana Putra Sohe harus beristirahat hingga waktu yang belum diketahui. Kondisi kesehatannya sempat turun sebelum dilarikan ke Jakarta.

Melalui Kabag Humas dan Protokol Kota Lubuk Linggau, Ari Martaredo, sang Wako menyerahkan sepenuhnya pimpinan di wilayah tersebut kepada Wakil Wali kota (Wawako), Sulaiman Kohar dan Sekda, Rahman Sani.

"Jalannya pemerintahan kota Lubuk Linggau tetap berjalan meski bapak sakit, setiap kegiatan pemerintahan tidak ada masalah. Semua urusan pemerintahan didelegasikan kepada Wawako atau Sekda untuk administrasi," ungkap Ari Martaredo, Jumat (21/8/2020).

1. Wako Lubuk Linggau harus istirahat total

Sohe Positif COVID-19, Wawako dan Sekda Ambil Alih Lubuk LinggauWalikota Lubuk Linggau dilarikan ke Jakarta (IDN Times/Istimewa)

Menurut Ari, tim dari kedokteran yang merawat Sohe menganjurkan sang Wako beristirahat total untuk memulihkan kesehatannya. Menurutnya, Sohe akan mengikuti anjuran dokter tersebut di Jakarta.

"Beliau saat ini sedang bed rest, tetap berkegiatan seperti berjemur dan isolasi. Kita belum mengetahui berapa lama di rumah sakit. Kita harapkan secepatnya beliau negatif dan pulih, kita tak tahu kapan virus ini akan pergi," jelas dia.

Baca Juga: Istri Wali Kota Lubuk Linggau Beberkan Kapan Suaminya Positif COVID-19

2. Wako kecapekan dan sempat diingatkan untuk istirahat

Sohe Positif COVID-19, Wawako dan Sekda Ambil Alih Lubuk LinggauWalikota Linggau saat dilarikan ke RS (IDN Times/Istimewa)

Ari menambahkan, selama ini Sohe sangat sibuk dalam menangani kasus COVID-19 di Kota Lubuk Linggau. Tercatat dari data Satgas COVID-19 Sumsel hingga Kamis (20/8/2020), jumlah kasus positif di bumi Sebiduk Semare telah mencapai 176 orang, dengan catatan menjadi satu-satunya wilayah zona merah di Sumsel.

"Memang bapak sangat sibuk kegiatannya gak ada berhenti. Dia sudah kita minta istirahat gak mau. Apa lagi masalah COVID-19, dia turun tangan langsung, terlalu membahayakanlah. Sudah diingatkan berapa kali, ya dalam artian kita ajak untuk istirahat," jelas dia.

3. Keluarga dan orang terdekat dinyatakan bebas COVID-19

Sohe Positif COVID-19, Wawako dan Sekda Ambil Alih Lubuk LinggauWalikota Lubuk Linggau saat menjalani perawatan di Jakarta (IDN Times/Istimewa)

Orang-orang terdekat seperti ajudan, keluarga, dan mereka yang bertemu dengan Sohe selama sepekan terakhir, sudah dilakukan pemeriksaan Mereka dinyatakan bebas COVID-19. Pihaknya mengaku belum mengetahui dari mana asal virus hingga menulari Sohe. 

"Orang-orang terdekat beliau clear. Ibu (Istri Wali Kota) gak ada penyakit, tidak kena apa-apa. Ibu tidur di rumah di Jakarta," jelas dia.

4. Sohe mulai membaik setelah dirawat di Jakarta

Sohe Positif COVID-19, Wawako dan Sekda Ambil Alih Lubuk LinggauWali kota Lubuk Linggau, SN Prana Putra Sohe (IDN Times/Istimewa)

Sebelumnya  dalam upacara 17 Agustus 2020 di Lubuk Linggau, Sohe tidak hadir. Akhirnya upacara pengibaran bendera dan penurunan dipimpin oleh Wawako. Sohe yang dinyatakan positif COVID-19 pada Minggu (16/8/2020), sempat menjalani isolasi di Rumah Sakit AR Bunda, Lubuk Linggau.

Keadaanya sempat memburuk akibat penurunan natrium dalam tubuh. Namun setelah dibawa ke Jakarta, kondisinya semakin membaik dan menjalani isolasi di salah satu RS Swasta.

"Beliau kondisinya normal, tidak ada masalah serius," tutup Ari.

Baca Juga: Hasil Studi: Kepercayaan Warga Palembang akan Bahaya COVID-19 Memudar

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya