Comscore Tracker

Puncak Arus Balik, Diprediksi 5 Juta Orang Masuk dan Keluar Sumsel 

Pemudik diharapkan tidak menumpuk di akhir pekan

Palembang, IDN Times - Dinas Perhubungan (Dishub) Sumatra Selatan memprediksi akhir pekan mendatang akan terjadi kepadatan para pemudik yang kembali ke wilayah perantauan. Diprediksi, ada lima juta orang akan meninggalkan dan kembali ke wilayah Sumsel.

Sejumlah titik rawan kepadatan pun sudah dipetakan untuk mencegah kemacetan panjang.  "Jumlah arus balik akan sama seperti arus mudik. Tiga juta orang menuju Sumsel dan sekitar dua juta pemudik meninggalkan Sumsel," ungkap Arinarsa JS, Rabu (4/5/2022).

Baca Juga: 53 Narapidana di Sumsel Mendapatkan Remisi Langsung Bebas di Hari Raya

1. Ini imbauan bagi masyarakat yang menggunakan kendaraan pribadi

Puncak Arus Balik, Diprediksi 5 Juta Orang Masuk dan Keluar Sumsel Ilustrasi arus mudik di jalan tol. (ANTARA FOTO/Aji Styawan)

Ari juga mengimbau para pemudik untuk mulai meninggalkan wilayah Sumsel secara perlahan dan bertahap. Dengan begitu, kata dia, pemudik bisa menghindari kemacetan di puncak arus mudik, terutama mereka yang akan menuju Pulau Jawa akan tersendat di Pelabuhan Bakauheni.

"Diprediksi puncak arus balik mudik ini terjadi 6-7 Mei. Kami imbau masyarakat kembali lebih cepat, khususnya yang menggunakan kendaraan pribadi," kata dia.

2. Kekhawatiran arus balik di akhir pekan

Puncak Arus Balik, Diprediksi 5 Juta Orang Masuk dan Keluar Sumsel Ilustrasi mudik menggunakan kapal (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

Menurutnya, puncak arus balik berbeda dengan arus mudik yang cenderung memiliki waktu yang sedikit lebih panjang. Dia khawatir, jika semua kendaraan bergerak di hari yang bersamaan, akan menimbulkan kepadatan yang panjang. 

"Jika semua orang merencanakan pulang di akhir libur panjang, seperti tanggal 6, 7 dan 8 Mei 2022, maka secara bersama-sama ini harus diantisipasi oleh pengguna jalan," ujar dia. 

3. Akan ada skema lalu lintas di arus balik

Puncak Arus Balik, Diprediksi 5 Juta Orang Masuk dan Keluar Sumsel Suasana Mudik Aman Mudik Sehat Bersama BUMN 2022 di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Rabu (27/4/2022). (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/aww.)

Untuk di wilayah Sumsel, kata Arinarsa, pihaknya berkoordinasi dengan posko-posko mudik di pintu perbatasan antara kabupaten dan kota. Dia berharap, tak ada kendala dalam pengamanan arus balik mendatang.

"Kami siapkan segala kemungkinannya, kerja sama dilakukan ataupun skema lalu lintas jika ada kepadatan nantinya," kata dia.

Baca Juga: Lebaran, Gubernur Sumsel Berpesan: Tetap Prokes!

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya