Comscore Tracker

PT Bukit Asam Umumkan 18 Orang Positif COVID-19

Kasus positif aktif di Muara Enim ada 119 kasus

Muara Enim, IDN Times - Manager Humas PT Bukit Asam (PTBA), Iko Gusman, mengumumkan penambahan kasus positif COVID-19 di lingkungan karyawan dan keluarga di perusahaan tersebut. Hingga hari ini, Senin (10/8/2020), tercatat ada 18 orang yang terinfeksi virus.

"Sejauh ini untuk karyawan yang positif ada sembilan orang, dan keluarga karyawan sembilan orang," ungkap Iko Gusman lewat keterangan pers yang diterima IDN Times, Senin (10/8/2020).

1. PTBA bertanggung jawab atas kesembuhan karyawannya

PT Bukit Asam Umumkan 18 Orang Positif COVID-19Pelaksanaan RUPS PT Bukit Asam (IDN Times/Dok. PTBA)

Menurut Iko, para karyawan yang terinfeksi virus berasal dari Area Unit Pertambangan Tanjung Enim (UPTE). Kasus tersebut bermula dari dua orang karyawan yang terpapar, sehingga PTBA langsung melakukan swab untuk mengantisipasi penyebaran lebih luas.

Mereka yang terinfeksi COVID-19 saat ini telah dilakukan penindakan dengan pengawasan ketat. Beberapa dari mereka sudah melakukan isolasi mandiri, sedangkan sebagian lagi tengah dirawat.

"PTBA memastikan akan bertanggung jawab dalam proses kesembuhan karyawan dan keluarganya," ujar dia.

Baca Juga: Wisma Atlet Palembang Setop Tampung OTG, ODP, dan PDP

2. Operasional perusahaan tidak terganggu meski sembilan karyawan positif

PT Bukit Asam Umumkan 18 Orang Positif COVID-19Ilustrasi rapid test (IDN Times/ Deryardli Tiarhendi)

Iko menambahkan, meski karyawannya terjangkit namun operasional perusahaan sama sekali tak terganggu. Karyawan lain tetap bekerja dengan terus waspada dan disiplin protokol kesehatan. Iko menjamin pihaknya akan menjalankan protokol yang ketat.

"Kita akan tetap intens melakukan pelacakan kasus dan melakukan swab test. Mewajibkan protokol kesehatan, dan pegawai yang kurang sehat harus menjalani Work From Home," ujar dia.

3. Dinkes Sumsel ingatkan protokol kesehatan di lingkungan perusahaan

PT Bukit Asam Umumkan 18 Orang Positif COVID-19Jubir gugus tugas Sumsel (IDN Times/Humas Pemprov Sumsel)

Kasi Survei dan Imunisasi dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumsel, Yusri mengungkapkan, saat ini sudah muncul klaster perkantoran di Bumi Sriwijaya. Menurutnya, kondisi ini sudah terjadi secara nasional.

Yusri menganggap, klaster perkantoran sama halnya dengan kasus klaster lain seperti klaster pasar, keluarga dan klaster tenaga medis. Klaster perkantoran sudah terjadi dalam berapa waktu terakhir, setelah berbagai perusahaan melaporkan ada temuan pasien baru dari pekerjanya.

"Terapkan protokol kesehatan sepanjang yang positif masih terus bertambah, karena kita tidak tahu mungkin saja orang di sekitar memiliki virus yang bisa menularkan walau tanpa gejala," beber dia.

4. Pasien aktif di Muara Enim masih 119 orang

PT Bukit Asam Umumkan 18 Orang Positif COVID-19Jubir gugus tugas Sumsel, Yusri (IDN Times/Humas Pemprov Sumsel)

Sejauh ini, jumlah positif di Muara Enim tercatat sudah 216 kasus, dengan tambahan 12 positif baru hingga Minggu (9/8/2020). Sedangkan pasien sembuh ada 90 orang, dan pasien meninggal dunia tujuh orang.

"Yang dirawat 67 orang dan isolasi mandiri 52 orang. Total ada 119 orang positif aktif," tandas dia.

Baca Juga: 18.802 Mahasiswa di Sumsel Mendapat Bantuan Rp1 Juta untuk 2 Semester

Topic:

  • Rangga Erfizal
  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya