Comscore Tracker

Promo Kartu Merdeka, Naik LRT Sumsel Sebulan Hanya Rp30.000 

Minat masyarakat naik transportasi massal diharap meningkat

Palembang, IDN Times - Balai Pengelolaan Kereta Api Ringan Sumatra Selatan (BPKARSS) berencana meresmikan program baru untuk menarik minat masyarakat Sumsel. Melalui  promo HUT ke-77 Kemerdekaan RI, pemerintah berencana menggratiskan moda transportasi massal Light Rail Transit (LRT) selama satu bulan.

"Kita akan meluncurkan Kartu Merdeka pada 20 Agustus mendatang. Dengan top up Rp30.000, masyarakat bisa naik LRT sepuasnya selama satu bulan," ungkap Kepala BPKARSS, Dedik Tri Istiantara, Senin (15/8/2022).

Baca Juga: Lampu Jalan di Bawah LRT Palembang Banyak Rusak Akibat Ulah Geng Motor

1. Kartu Promo Merdeka sasar seluruh lapisan masyarakat

Promo Kartu Merdeka, Naik LRT Sumsel Sebulan Hanya Rp30.000 LRT Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Dedik menjelaskan, pihaknya berinovasi untuk menarik minat masyarakat beberapa bulan terakhir. Tercatat pada Juni 2022 lalu, inovasi kartu berlangganan telah diluncurkan untuk kalangan pelajar dan mahasiswa.

"Cukup dengan top up Rp25.000 per bulan, pelajar dan mahasiswa bisa naik LRT sepuasnya selama satu bulan. Ini sudah dilakukan sejak Juni lalu," jelas dia.

Program-program yang menyasar semua segmen masyarakat nantinya akan terus digencarkan oleh BPKARSS. Seperti kartu difabel, kartu ASN, hingga untuk beragam sektor.

"Program pelajar dan mahasiswa sudah sekitar 2.500 kartu yang dikeluarkan dari kuota yang disediakan sebanyak 5.000 kartu," jelas dia.

Baca Juga: Angkutan Umum dengan AC Beroperasi di Palembang 1 Juli 2022, Gratis!

2. Dukung gerakan nasional non tunai

Promo Kartu Merdeka, Naik LRT Sumsel Sebulan Hanya Rp30.000 Ilustrasi transaksi di LRT Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Program Kartu Merdeka menjadi pembayaran elektronik yang dapat digunakan masyarakat untuk mengakses LRT di Palembang. Menurutnya, penggunaan kartu e-money mempermudah Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT).

"Nantinya setelah program ini berakhir, Kartu Merdeka akan menjadi e-money biasa. Masyarakat dapat mengakses tiket LRT dengan tarif seperti biasa," ungkap dia.

3. Kartu Merdeka juga permudahkan pelayanan publik

Promo Kartu Merdeka, Naik LRT Sumsel Sebulan Hanya Rp30.000 Situasi di Stasiun LRT Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Untuk tiket LRT Sumsel, masyarakat dapat mengaksesnya dengan harga Rp5.000 di luar promo dalam satu kali perjalanan. Tercatat ada 13 stasiun LRT yang dapat diakses penumpang dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang hingga Stasiun terakhir DJKA.

BPKARSS berkomitmen meningkatkan pelayanan transportasi publik yang nyaman dan murah bagi masyarakat Sumsel.

"Harapannya pelayanan publik yang diberikan LRT Sumsel semakin hari semakin berkualitas," tutup dia.

Baca Juga: Gubernur Sumsel Minta Pilar LRT Dimanfaatkan Sebagai Promo

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya