Ogan Ilir Ajukan 4 Ton Minyak Goreng ke Pemprov Sumsel

Pemkab OI pastikan kelangkaan minyak bukan karena penimbunan

Ogan Ilir, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir (Pemkab OI) mengungkap stok minyak goreng mengalami kelangkaan hingga berdampak pada kebutuhan masyarakat terganggu. Untuk mengatasi kelangkaan tersebut, Pemkab OI mengajukan permintaan 4 ton atau sekitar 4.000 liter minya goreng ke Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan (Pemprov Sumsel).

"Sudah diajukan, untuk realisasinya kita belum tahu berapa banyak," ungkap Nur Samsu Alamsyah, Asisten II Setda OI bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan, Selasa (1/3/2022).

1. Pemkab bakal gelar pasar murah minyak goreng

Ogan Ilir Ajukan 4 Ton Minyak Goreng ke Pemprov SumselStok minyak goreng (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Nur Samsu menjelaskan, jika permintaan itu direalisasikan maka Pemkab segera mendistribusikan ke masyarakat pada 2 Maret mendatang. Pendistribusian tersebut akan dilakukan melalui skema pasar murah.

"Kalau barangnya sudah ada akan langsung kita lakukan operasi pasar murah di sejumlah titik," ungkap dia.

Baca Juga: HET Minyak Goreng Ketetapan Pemerintah Picu Kelangkaan Minyak Goreng

2. Minyak goreng langkah dari agen

Ogan Ilir Ajukan 4 Ton Minyak Goreng ke Pemprov SumselStok minyak goreng kembali ditambah di Superindo Intercon, Meruya, Jakarta Barat pada Selasa (1/2/2022). (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Pemkab OI telah melakukan sidak ke pasar dan pedagang selama kelangkaan minyak goreng. Mereka pun mengakui kelangkaan terjadi di agen. Pihaknya membantah ada penimbunan.

"Menurut pedagang memang kosong dari agen. Walaupun ada, harganya di atas ketetapan pemerintah karena harga jual dari agen memang sudah tinggi," jelas dia.

Baca Juga: Waduh, Kenaikan Harga Daging di Palembang Disebut Wajar

3. Disperindag OI tentukan lokasi pasar murah

Ogan Ilir Ajukan 4 Ton Minyak Goreng ke Pemprov SumselHarga minyak goreng di Pasar Slipi Rp22.000 per liter. (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Lokasi titik operasi pasar murah akan diputuskan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) OI.

"Kalau soal lokasi operasi pasarnya nanti diinformasikan lagi. Teknisnya di Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi," tutup dia.

Baca Juga: Ada Minyak Goreng Murah di Rusun Palembang dan 4 Titik Lain 

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya