Comscore Tracker

Jelang Kunjungan FIFA, Renovasi Gelora Sriwijaya Baru 75 Persen

Dinas PU Perkim ubah warna atap stadion

Palembang, IDN Times - Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (PU Perkim) Sumsel, masih merenovasi Stadion Gelora Sriwijaya di Jakabaring, Palembang. Selain melakukan perbaikan, pihaknya memberi sentuhan warna berbeda di beberapa sisi stadion.

Renovasi stadion terkait rencana kunjungan utusan dari Federasi Sepak Bola Internasional atau Fédération Internationale de Football Association atau FIFA, memeriksa kesiapan Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) sebagai satu di antara tempat penyelenggaraan Piala Dunia U-20 tahun depan

"Sejauh ini proses renovasi stadion telah berjalan 75 persen. Proses akan dikebut sebelum FIFA datang mengecek," ujar Kepala Dinas PU Perkim Sumsel, Basyaruddin, Minggu (11/10/2020).

1. Beberapa bagian renovasi tinggal finishing touch

Jelang Kunjungan FIFA, Renovasi Gelora Sriwijaya Baru 75 PersenStadion GSJ di Jakabaring Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Menurutnya, proses renovasi sudah dilakukan sesuai arahan FIFA melalui PSSI, yang meminta perubahan di beberapa bagian. Pihaknya menyesuaikan standar untuk penyelenggaraan Piala Dunia U-20 yang akan berlangsung bulan Mei 2021.

"Seperti ruang ganti pemain, plafon, bench pemain dan pelatih, serta atap stadion selesai diperbaiki. Hanya tinggal proses finishing touch-nya saja," jelas dia.

Baca Juga: Piala Dunia U20, Bangku Stadion Gelora Sriwijaya Dikurangi 40 Persen  

2. Stadion akan diberikan sentuhan layaknya Gelora Bung Karno

Jelang Kunjungan FIFA, Renovasi Gelora Sriwijaya Baru 75 PersenPenyiraman rumput stadion GSJ (IDN Times/Rangga Erfizal)

Dinas PU Perkim masih fokus pada pengerjaan atap stadion. Beberapa atap yang bolong akan diperbaiki dan diberi warna baru. Jika selama ini atap stadion berwana biru, maka jelang piala dunia dibuah ke warna putih dan abu-abu.

"Sejak awal dibangun 2004 untuk PON hingga Asian Games 2018, warna atapnya biru saja tidak pernah diganti. Tapi khusus event ini, kami ingin stadion punya wajah baru," ungkap dia.

Sentuhan pewarnaan juga akan terasa di kursi penonton. Pemerintah akan meniru kursi di stadion Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta dengan warna merah putih

"Tentunya dengan gradasi warna merah putih. Jadi tidak seragam warnanya di satu tribun. Ada gradasi yang sengaja diciptakan, tapi tetap menonjolkan merah putihnya," jelas dia.

3. FIFA akan tinjau GSJ akhir bulan ini

Jelang Kunjungan FIFA, Renovasi Gelora Sriwijaya Baru 75 PersenHerman Deru meninjau stadion GSJ (IDN Times/istimewa)

Selanjutnya, lintasan atletik yang berada di stadion GSJ juga terjadi perubahan. Pihaknya akan mengubah bahan dari yang sebelumnya graple menjadi karet sintetis. Perubahan ini dilakukan untuk mengantisipasi debu di lintasan lari itu.

"Kalau ada angin, debunya bisa menempel, sehingga diganti bahan sintetis agar lebih mudah dibersihkan," jelas dia.

FIFA sebagai induk sepak bola dunia akan meninjau kesiapan seluruh stadion pada akhir Oktober atau awal November 2020. Pemerintah Indonesia telah menunjuk enam stadion di enam provinsi untuk menjadi tuan rumah. Keputusan akhir FIFA yang akan memilih, stadion mana yang layak menjadi tuan rumah.

"Kami terus bekerja untuk melaksanakan perbaikan. Mudah-mudahan sebelum mereka datang, stadion sudah rapi semuanya," tutup dia.

Baca Juga: Jokowi Keluarkan Kepres, Herman Deru Yakin Tuan Rumah Piala Dunia U20

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya