Hore, Pelajar dan Mahasiswa Sumsel Diberi Harga Khusus Naik LRT

Palembang punya angkutan umum ber-AC mulai April mendatang

Palembang, IDN Times - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, memberi harga khusus transportasi massal Light Rail Transit (LRT) bagi pelajar dan mahasiswa di Bumi Sriwijaya. Umumnya, penumpang LRT akan merogoh kocek Rp5.000 untuk satu kali perjalanan. Namun harga khusus ini hanya mengeluarkan Rp25.000 untuk satu bulan.

"Satu bulan bebas kulu-kilir seharga Rp25.000 bagi pelajar dan mahasiswa dengan menggunakan Kartu Uang Elektronik berlangganan LRT," ungkap Budi Karya, Senin (28/2/2022).

1. ASN juga bisa menikmati tarif LRT Rp25 ribu

Hore, Pelajar dan Mahasiswa Sumsel Diberi Harga Khusus Naik LRTANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Budi menjelaskan, tarif LRT periode satu bulan Rp25.000 tersebut merupakan bagian dari program Kemenhub, yakni Gerakan Nasional Kembali ke Angkutan Umum (GNKAU). Tak hanya pelajar dan mahasiswa, program ini juga berlaku bagi Aparatur Sipil Negara (ASN).

"Kita harapkan program ini digunakan secara masif dan kolaboratif, serta bermanfaat bagi Palembang yang semakin modern," ungkap dia.

Baca Juga: Menhub Minta Angkutan Umum di Palembang Terintegrasi ke LRT

2. Kemenhub ingin Palembang menjadi contoh masyarakat beralih ke kendaraan umum

Hore, Pelajar dan Mahasiswa Sumsel Diberi Harga Khusus Naik LRTIlustrasi macet (IDN Times/Sukma Shakti)

Menurutnya, Palembang menjadi percontohan utama GNKAU karena memiliki lima moda transportasi baik udara, darat, sungai, kereta api, hingga angkutan jalan. Budi menilai, kelima angkutan ini akan terus didorong agar terintegrasi satu sama lain sehingga masyarakat diharapkan mulai beralih ke penggunaan transportasi umum.

"Kita terus sosialisasi program Kemenhub agar masyarakat mengurangi penggunaan kendaraan pribadi," jelas dia.

Baca Juga: LRT Palembang Buka Ruang untuk Pasang Iklan, Tertarik?

3. Palembang punya angkutan umum ber-AC pada April mendatang

Hore, Pelajar dan Mahasiswa Sumsel Diberi Harga Khusus Naik LRTIlustrasi deretan angkutan kota di Terminal Kampung Melayu, Jakarta, Kamis (6/8/2020) (ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha)

Untuk mendukung program Kemenhub tersebut, Gubernur Sumatra Selatan (Sumsel) Herman Deru, akan terus berupaya mendukung integrasi seluruh transportasi massal di Palembang.

Pihaknya juga dalam waktu dekat akan meluncurkan angkutan umum ber-AC sebagai bentuk upaya menyediakan transportasi massal yang nyaman bagi masyarakat.

"Awal April nanti kita akan meluncurkan angkutan umum ber-AC. Angkutan umum ini akan dibuat senyaman mungkin," jelas dia.

4. Stasiun LRT terintegrasi dengan halte bus

Hore, Pelajar dan Mahasiswa Sumsel Diberi Harga Khusus Naik LRTJembatan Ampera (Instagram.com/attarghifari)

Herman Deru menjelaskan, pihaknya sejauh ini sedang rerouting trayek angkot dan Bus Rapid Transit (BRT). Pihaknya juga tengah membangun fasilitas halte us di dekat stasiun LRT agar integritas kendaraan umum di Palembang dapat terealisasi.

Dirinya pun memerintahkan penerbitan ID Card bagi ASN di lingkungan Pemprov Sumsel sehingga dapat digunakan untuk pembayaran non tunai.

"Kartu Uang Elektronik (K.U.E.) yang terintegrasi dengan LRT, BRT, BTS, angkot, transportasi lainnya, penyeberangan Tanjung Api Api, Tol, serta fasilitas layanan publik lainnya," tutup dia.

Baca Juga: Stasiun LRT Ampera Palembang Terapkan Pembelian Tiket Non Tunai

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya