Herman Deru-Mawardi Yahya Kembali Berpasangan di Pilgub Sumsel 2024

Deru pastikan koalisi Gerindra dan Nasdem di Sumsel

Palembang, IDN Times - Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasdem, Herman Deru, menyatakan siap maju lagi bersama wakilnya, Mawardi Yahya, dalam kontestasi politik 2024 mendatang. Keduanya memiliki komitmen untuk melanjutkan pemerintahan pada periode kedua.

"Kita sudah komitmen untuk berpasangan. Jadi masih tetap Herman Deru dan Mawardi Yahaya (HDMY). Insya Allah Jilid II," ungkap Deru, Senin (1/5/2023).

Baca Juga: Dipecat Golkar, Alasan Mawardi Yahya Gabung ke Gerindra untuk 2024 

1. Mawardi kabari Deru soal merapat ke Partai Gerindra

Herman Deru-Mawardi Yahya Kembali Berpasangan di Pilgub Sumsel 2024Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Kans untuk kembali bekerja sama terbuka lebar setelah Mawardi Yahya mendapat kendaraan politik baru untuk maju di Pilkada mendatang. Mawardi bahkan sudah berbicara langsung kepada Deru sebelum bergabung ke Partai Gerindra.

"Iya, sudah sepengetahuan saya, dan sudah bilang ke saya," ungkap dia.

Baca Juga: PDI Perjuangan Sumbar Target 1 Kursi dari 1 Dapil di Pemilu 2024

2. Peluang koalisi Nasdem-Gerindra terbuka lebar

Herman Deru-Mawardi Yahya Kembali Berpasangan di Pilgub Sumsel 2024Gubernur Sumsel Herman Deru (IDN Times/Rangga Erfizal)

Deru menambahkan, bergabungnya Mawardi ke partai berlogo burung Garuda tersebut membuka peluang Nasdem menjalin kerja sama di Pilgub mendatang. Menurutnya, dukungan parpol dibutuhkan untuk mengakomodir aspirasi.

"Tidak harus sama partainya dengan saya. Kalau hanya satu partai, bagaimana bisa mengakomodir semua aspirasi dari konstituen," jelas dia.

3. Mawardi benarkan kans Jilid II

Herman Deru-Mawardi Yahya Kembali Berpasangan di Pilgub Sumsel 2024Wakil Gubernur Sumatera Selatan Mawardi Yahya dan Direktur Utama PT JSC Meina Paloh (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Sebelumnya, Mawardi Yahya telah diangkat menjadi kader Partai Gerindra secara langsung oleh Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto. Mawardi ditunjuk sebagai anggota Dewan Pembina Partai Gerindra.

Mawardi langsung mendapat tugas khusus dari Prabowo untuk membina kader di Sumsel agar taat atas AD/ART dan ideologi partai. Mawardi pun membantah jika alasannya bergabung ke Partai Gerindra untuk merebut kursi Sumsel 1.

"Belum ada pikiran ke sana. Insya Allah, kita tetap bersama Pak Herman Deru," ungkap Mawardi Yahya, Jumat (28/4/2023).

Baca Juga: Ridho-Giri Saling Kode Berpasangan di Pilkada Sumsel 2024

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya