Herman Deru Lantik Adik Kandung dan Anak Wagub Sumsel

Gubernur minta mereka langsung berkoordinasi dengan DPRD

Palembang, IDN Times - Gubernur Sumatra Selatan (Sumsel), Herman Deru beserta Wakil Gubernur Sumsel, Mawardi Yahya, melantik enam kepala daerah terpilih. Empat orang di antaranya adalah kepala daerah baru, sedangkan dua orang sisanya petahana.

Keenam Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) terpilih berasal dari Ogan Komering Ulu (OKU) OKU Timur, OKU Selatan, Musi Rawas (Mura), Muratara, dan Ogan Ilir (OI). Satu wilayah lain yakni Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) belum dilantik karena bersengketa di Mahkamah Konstitusi (MK).

Berikut rangkuman IDN Times mengenai pelantikan kepala daerah di wilayah Sumsel, mulai dari pelantikan adik kandung Gubernur Sumsel dan anak Wakil Gubernur Sumsel.

1. Nama-nama Bupati dan Wabup terpilih memiliki hubungan keluarga dengan kepala daerah

Herman Deru Lantik Adik Kandung dan Anak Wagub SumselPelantikan Bupati Muratara Ratna Mahmud yang ternyata memiliki hubungan keluarga dengan wali kota Lubuk Linggau (IDN Times/istimewa)

Herman Deru melantik adik kandungnya yang terpilih sebagai Bupati OKU Timur, yakni Lanosin Hamzah. Lanosin berpasangan dengan Adi Nugraha sebagai pemimpin OKU Timur untuk lima tahun ke depan.

Saat pelantikan, nama Lanosin dan Adi Nugraha menjadi orang yang pertama diambil sumpah. Mereka hadir untuk menandatangani Surat Keputusan (SK) pengangkatan sebagai kepala daerah terpilih.

Urutan kedua ada nama Panca Wijaya Akbar sebagai Bupati Ogan Ilir 2020-2025. Panca merupakan anak Wakil Gubernur Sumsel yang dilantik besama pasangannya Ardani. Lalu Bupati Musi Rawas (Mura) terpilih, Ratna Machmud yang merupakan bibi dari Wali Kota Lubuk Linggau SN Prana Putra Sohe. Ratna berpasangan dengan Suwarti memenangkan Pilkada Mura setelah menumbangkan petahana.

Selanjutnya di Kabupaten Muratara, ada pasangan Devi Suhartoni dan Innayatullah yang juga dilantik. Lalu petahana OKU, Kuryana Azis-Johan Anuar dan petahana OKU Selatan Popo Ali Martopo-Solehien Abuasir.

"Tidak ada perbedaan melantik adik sendiri sebagai Bupati, sama saja rasanya. Tapi semoga ayah dan ibu menyaksikan," ujar Deru.

Baca Juga: Adik Gubernur dan Anak Wagub Sumsel Unggul di Penghitungan Sementara

2. Gubernur minta ada koordinasi antar Forkompinda

Herman Deru Lantik Adik Kandung dan Anak Wagub SumselProses pelantikan kepala daerah di Sumsel (IDN Times/Istimewa)

Usai pelantikan, Deru meminta Bupati dan Wabup terpilih langsung berkoordinasi dengan anggota DPRD setempat. Menurutnya, mereka dapat segera membahas Rencana Pembangunan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

"Setelah pelantikan enam kepala daerah terpilih, saya mau mereka langsung bekerja. Sebagai kepala daerah yang memimpin pembangunan, masyarakat, keuangan. Kita berikan mereka waktu untuk berkoordinasi," jelas dia.

3. Herman Deru ingatkan kepala daerah jangan kebanyakan di Jakarta

Herman Deru Lantik Adik Kandung dan Anak Wagub SumselPelantikan bupati terpilih Sumsel (IDN Times/istimewa)

Tak hanya itu, permasalahan Sumsel dalam menyelesaikan pandemik COVID-19 masih menjadi prioritas, termasuk pencegahan karhutla dan pengentasan kemiskinan. Menurut Deru, kepala daerah harus lebih proaktif menyelesaikan permasalahan di tempatnya.

"Syaratnya jangan terlalu banyak meninggalkan tempat. Jangan terlalu banyak menjadi Bupati di Jakarta. Boleh saja kalau ada urusan keluarga dan urusan dinas, tapi jangan berdomisili di Jakarta karena masyarakat kita butuh pelayanan. Jadilah pemimpin yang mudah dijangkau masyarakat," jelas dia.

Baca Juga: Absen Pelantikan, Bupati OKU Kuryana Azis Ternyata Positif COVID-19

4. Zero conflict harus tetap dijaga

Herman Deru Lantik Adik Kandung dan Anak Wagub SumselBupati dan wakil bupati terpilih kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS), Popo Ali Martopo-Solehien Abuasir (IDN Times/istimewa)

Deru mengingatkan, satu keunggulan Sumatra Selatan (Sumsel) hingga saat ini adalah wilayah dengan Zero Conflict. Dirinya meminta, setelah pelantikan mereka dapat terus menjaga keamanan wilayahnya.

"Kerukunan harus diwujudkan dari Forkompinda, dengan legislatif dan masyarakat umum. Semua jadi tanggung jawab kita semua," jelas dia.

5. Deru yakin Johan Anuar menang di Pengadilan

Herman Deru Lantik Adik Kandung dan Anak Wagub SumselTerdakwa Johan Anuar saat digiring menuju tempat pelantikan (IDN Times/Rangga Erfizal)

Sementara itu status Johan Anuar yang kembali non aktif usai dilantik hari ini, menjadikan wilayah OKU hanya akan dipimpin oleh Bupati Kuryana Azis. Bahkan Kuryana saat ini menjalani isolasi mandiri di rumah sakit karena positif COVID-19.

Menurut Deru jika mengikuti aturan yang ada, maka pergantian Johan Anuar harus dilakukan jika status  hukumnya sudah inkrah. Deru mengedepankan asas praduga tidak bersalah terhadap Johan Anuar. Ia berharap Johan segera lepas dari jeratan hukum dan tidak terbukti bersalah.

"Untuk pergantian Wabuo mekanismenya nanti akan diajukan oleh parpol pengusung ke DPRD kabupaten, untuk penunjukkan kepala daerah," tutup dia.

Baca Juga: Hadiri Pelantikan, Tangan Johan Anuar Diborgol dan Berompi KPK

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya