Comscore Tracker

Dirlantas Polda Sumsel Bakal Kawal Kendaraan Mudik di Jalinteng

Polisi imbau pemudik tempuh jalinteng sebagai alternatif 

Palembang, IDN Times - Semua kendaraan yang akan menuju kawasan Sumatra bagian utara akan melewati jalan lintas timur (Jalintim) ruas Sumsel. Hal ini membuat penumpukan kendaraan di wilayah Jalintim hingga mengakibatkan kemacetan.

Untuk mengantisipasi kemacetan panjang di Jalintim, Direktorat Lalu Lintas Polda Sumsel mengimbau masyarakat mencoba jalur alternatif di Jalan Lintas Tengah (Jalinteng) Sumsel.

"Akan kami kawal jika ada pemudik yang mau lewat Jalinteng, dan disarankan hanya untuk kendaraan kecil saja," ungkap Dirlantas Polda Sumsel, Kombes Pol M Pratama Adhyasastra, Selasa (26/4/2022).

1. Jalintim Banyuasin langganan macet

Dirlantas Polda Sumsel Bakal Kawal Kendaraan Mudik di Jalinteng(Kondisi jalintim Palembang-Sekayu yang tambal sulam dan dalam proses perbaikan) IDN Times/Yuliani

Dirinya menambahkan, sejauh ini hanya Jalinteng sebagai jalur alternatif mengingat kondisi infrastruktur yang masih belum sempurna. Jalinteng masih didominasi kawasan hutan, kemudian kesiapan jalan masih kurang karena baru tahap pengerasan setelah perbaikan.

"Jalinteng menjadi alternatif sebagaimana yang ditawarkan Pemerintah Provinsi Sumsel bila terjadi kemacetan yang parah di Jalintim ruas Banyuasin," jelas dia.

Baca Juga: 2 Warga Banyuasin Terluka Saat Tangkap Buaya yang Lepas

2. Kapolda minta jajaran petakan wilayah potensi macet

Dirlantas Polda Sumsel Bakal Kawal Kendaraan Mudik di JalintengKapolda Sumsel Irjen Pol Toni Harmanto (IDN Times/Rangga Erfizal)

Hal senada diungkapkan Kapolda Sumsel, Irien Pol Toni Harmanto. Ia mengatakan sudah menginstruksikan Polrestabes dan Polres di Sumsel untuk memetakan wilayah yang memang berpotensi macet.

"Pemetaan Pos yang kita instruksikan ini untuk mengatasi kemacetan yang ditimbulkan oleh kerusakan jalan hingga pontensi lainnya," ujar dia.

3. Polda Sumsel siapkan 96 pos di jalur mudik

Dirlantas Polda Sumsel Bakal Kawal Kendaraan Mudik di JalintengIlustrasi arus mudik di jalan tol. (ANTARA FOTO/Aji Styawan)

Pada mudik tahun ini, kepolisian bersama stakeholder tidak akan membuat penyekatan di batas-batas wilayah seperti dua hari raya sebelumnya. Namun Toni memastikan tempat-tempat yang rawan kecelakaan dalam pengawasan pihaknya.

"Dari 96 pos itu kita siapkan pos terpadu hingga pos pengamanan," tutup dia.

Baca Juga: 5 Tips Mudik Sehat Versi Satgas COVID-19 Palembang

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya