Comscore Tracker

[BREAKING] Alex Noerdin Disebut Terima Rp2,4 M dari Masjid Sriwijaya

Namanya muncul di sidang dakwaan empat tersangka

Palembang, IDN Times - Nama Gubernur Sumatra Selatan (Sumsel) 2008-2019, Alex Noerdin, disebut dalam sidang dakwaan terhadap empat orang terdakwa kasus korupsi pembangunan Masjid Raya Sriwijaya, Palembang. Mantan orang nomor satu di Sumsel tersebut dituding menerima dana proyek Rp2,4 miliar.

"Alex Noerdin sesuai uraian dakwaan yang kita bacakan, sesuai fakta temuan di lapangan ikut menerima. Sesuai dakwaan ada indikasi aliran dana Rp2,4 miliar," ungkap Kepala Seksi Penuntutan Bidang Pidana Khusus Kejaksaan Tinggi (Pidsus Kejati) Sumsel, M Naimullah di Pengadilan Negeri Palembang, Selasa (27/7/2021).

Baca Juga: Dana Rp300 Juta Diduga untuk Bayar Sewa Helikopter Alex Noerdin

1. Dugaan bagi-bagi fee dalam proyek

[BREAKING] Alex Noerdin Disebut Terima Rp2,4 M dari Masjid SriwijayaKasi Penuntutan Kejaksaan Tinggi Sumsel, Naimullah (IDN Times/Rangga Erfizal)

Naim menjelaskan, keterlibatan Alex Noerdin akan dibuktikan dalam persidangan dengan menghadirkan para saksi. Penyelewengan dana pembangunan masjid terindikasi lewat pengaturan proses lelang agar dimenangkan oleh salah satu pihak swasta.

"Ada bagi-bagi fee di termin pertama, di mana ada indikasi menerima dan memberi dalam pembangunan Masjid Raya Sriwijaya," jelas dia.

Baca Juga: Alex Noerdin dan Jimly Batal Diperiksa Terkait Masjid Raya Sriwijaya

2. Persidangan akan membuktikan keterlibatan Alex Noerdin

[BREAKING] Alex Noerdin Disebut Terima Rp2,4 M dari Masjid SriwijayaKetua DPD Golkar 2015-2020, Alex Noerdin (IDN Times/Rangga Erfizal)

Dikonfirmasi terpisah, Staf Ahli Alex Noerdin, Kms Khoirul Mukhlis, mengaku tidak kaget dengan pembacaan dakwaan tersebut. Menurutnya, hal itu harus dibuktikan terlebih dahulu lewat mekanisme persidangan.

"Namanya dalam dakwaan biasa-biasa saja kalau nama disebut. Tentu persidangan yang akan membuktikan," ungkap Khoirul saat dikonfirmasi IDN Times.

Baca Juga: Wow, Korupsi Masjid Raya Sriwijaya Rugikan Negara Rp130 Miliar!

3. Alex siap menjadi saksi jika dibutuhkan

[BREAKING] Alex Noerdin Disebut Terima Rp2,4 M dari Masjid SriwijayaIDN Times/ Sidratul Muntaha

Alex Noerdin dalam kapasitasnya sebagai mantan Gubernur Sumsel kata Khoirul, siap jika harus dihadirkan sebagai saksi. Ia menjelaskan, Alex Noerdin selaku warga negara yang baik selalu siap jika diminta memberi keterangan di depan hukum.

"Sekarang tergantung Jaksa, perlu tidak menghadirkan beliau. Karena untuk menghadirkan saksi perlu mekanisme dari Jaksa ke persidangan," ungkap dia.

Baca Juga: 2 Brankas Tersangka Kasus Masjid Sriwijaya Disita Kejati Sumsel

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya